Pameran Foto Jurnalistik RI-AS di Perpustakaan Nasional

Mayzka Da Reisa • Tuesday, 5 Nov 2019 - 16:59 WIB

Jakarta - Pameran Foto Jurnalistik yang akan berlangsung hingga 10 November 2019, mengambil tema Membidik Hubungan Bilateral AS – Indonesia Lewat Lensa Jurnalistik 1949-2019, berlangsung di Perpustakaan Nasional RI dalam rangka 70 tahun Hubungan Diplomatik Amerika Serikat – Indonesia, Selasa (5/11/19).

Pameran foto ini menampilkan 70 foto jurnalistik yang merefleksikan sejarah dan perjalanan hubungan erat antara kedua negara selama 70 tahun terakhir, yang didasari nilai-nilai bersama, seperti demokrasi, toleransi, gotong-royong, dan kebebasan pers. 

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Antara dan Perpustakaan Nasional RI, serta dibuka oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan, Jr.

Salah satu karya jurnalistik favorit Dubes AS adalah foto yang menceritakan Wakil Presiden Hubert Humphrey berkunjung ke Demak dan bertemu dengan para pekerja Proyek Irigasi Semarang – Demak – Kudus yang didukung oleh AS melalui program Food for Peace, untuk mengendalikan banjir dan membangun sistem penyerapan air di Jawa Tengah.

Pengunjung dalam pembukaan juga dihibur oleh alunan alat musik tradisional gamelan. Sementara sepanjang pameran, pengunjung juga dapat mengikuti beragam diskusi menarik.