Resmi! PSSI Pecat Simon McMenemy

• Wednesday, 6 Nov 2019 - 12:24 WIB

JAKARTA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) secara resmi memecat Simon Mcmenemy dari kursi kepelatihan Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Keputusan tersebut diambil usai kepengurusan baru PSSI menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) di kantor PSSI, pada Selasa 5 November 2019 kemarin.

Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI, membenarkan kalau pihaknya sudah memutuskan untuk tidak memperpanjang kerjasama dengan pelatih asal Skotlandia tersebut. Meski begitu, ia juga belum mau memberikan alasan secara rinci terkait alasan detailnya.

Di bawah asuhan Simon McMenemy Timnas Indonesia memang meraih hasil buruk saat tampil di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Indonesia yang berada di Grup G bersama Malaysia, Thailand, dan Uni Emirat Arab (UEA) tidak mampu meraih satu poin pun usai menelan empat kekalahan beruntun.

Hasilnya, Ricky Fajrin Saputra dan rekan-rekan saat ini menempati posisi terbawah Grup G. Kondisi tersebut yang disinyalir menjadi salah satu alasan kuat PSSI untuk memberhentikan Simon McMenemy dari kursi kepelatihan Timnas Indonesia.

Skuad Garuda –julukan Timnas Indonesia– sendiri dijadwalkan akan menghadapi Malaysia pada laga kelima Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa 19 November mendatang. Hampir dipastikan, laga nanti menjadi perpisahan Simon McMenemy bersama Timnas Indonesia.