Indofest Surabaya Menjadi Ajang Promosi Pariwisata Outdoor Jawa Timur

• Thursday, 7 Nov 2019 - 13:52 WIB

Surabaya - Potensi pariwisata outdoor di Jawa Timur sangat menjanjikan, sehingga menarik para pelaku Industri Pariwisata Outdoor Indonesia menggelar Indofest 2019 di Surabaya.

"Pameran kali ini sengaja dilakukan di luar Jakarta, karena ada potensi pasar yang besar di Jawa Timur. Hal ini juga tidak lepas dari optimalisasi Dinas Pariwisata Jawa Timur dalam mengembangkan berbagai jenis wisata alam," ujar Aurora Ivonia, Ketua Pelaksana Indofest 2019.

Indofest 2019 merupakan ajang pameran produk lokal dan import berbagai jenis barang untuk kegiatan outdoor. 

Pameran berskala nasional yang diikuti 107 peserta dari dalam dan luar negeri dan berlangsung selama 4 hari di Jatim Expo Surabaya ini, diharapkan bisa mencapai nilai transaksi hingga 25 milyar rupiah dengan target pengunjung 40 ribu. 

"Berdasarkan pengalaman sebelumnya, target  transaksi 25 milyar rupiah optimis kami capai karena animo yang sangat luar biasa dari masyarakat Jatim di Indofest 2019," lanjut Aurora Ivonia.  

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata dan Budaya Dina Pariwisata Jawa Timur Handoyo berharap kegiatan tersebut bisa sinergi dengan pengembangan wisata outdoor yang banyak dikembangkan oleh masyarakat setempat. 

Dengan adanya pameran tersebut Handoyo optimis ke depannya industri pariwisata outdoor Jawa Timur akan maju. 

"Pemprov Jatim menyambut baik ajang pameran industri wisata outdoor, karena ini akan mendorong pengembangan wisata outdoor makin optinal karena berbagai produk yang dibutuhkan tidak harus dicari jauh-jauh. Cukup lewat pameran ini. Kita berharap tahun depan ajang seperti ini bisa kembali digelar di Jawa Timur," pungkas Handoyo. 

Indofest 2019 Surabaya sekaligus juga menjadi ajang kampanye untuk kelestarian alam dan lingkungan, serta keselamatan diri dan penghormatan terhadap kearifan lokal dan budaya lokal sebagai wujud kecintaan terhadap tanah air Indonesia. (Hermawan)