DPMPTSP Kota Kendari Diganjar Penghargaan Pelayanan Publik Predikat A  

• Thursday, 7 Nov 2019 - 16:19 WIB

Kendari - Pemerintah Kota Kendari memiliki visi misi yang berbasis ekologi dan teknologi informasi, sehingga segala program kegiatannya berpihak pada lingkungan dan pelayanan cepat ke masyarakat, lewat beberapa inovasi yang sudah diterapkan. Salah satunya pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kendari.

Pada DPMPTSP Kota Kendari ada beberapa terobosan yang dilakukan. Antara lain: Pelayanan Three In One Services With Self Assessment, yaitu 1 berkas untuk mendapatkan 3 izin. One Hour Service, untuk izin perpanjangan dapat ditunggu.  Morning NO BAPER (Ngobrol Bareng Perijinan) berupa Kegiatan menjaring saran dan masukan dari pengguna layanan, Penyediaan Sistem Antrian elektronik, E-Signature, serta penggunaan Sistem Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik (SiCantik) Cloud.

Atas semua terobosan itu, tak tanggung-tanggung DPMPTSP Kota Kendari diganjar penghargaan pelayanan publik yang mendapat hasil evaluasi dengan predikat A (pelayanan prima). Salah satu dari 11 unit pelayanan publik di Wilayah III yang mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III, di Jakarta, Selasa (05/11/2019), diserahkan langsung Menteri PANRB Tjahjo Kumolo.

Kepala Dinas DPMPTSP Kota Kendari, Sri Yusnita mengatakan, penghargaan yang didapat kali ini merupakan yang tertinggi. Karena DPMPTSP pada tahun 2018 hanya mendapat predikat Sangat Baik (A-). Sementara aspek yang dinilai, yakni profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi, pengaduan, serta inovasi.

Dari hasil evaluasi penilaian itu, ada beberapa hal yang perlu dicatat. Diantaranya pelibatan masyarakat dalam perumusan kebijakan, khususnya penyusunan standar pelayanan. Kemudian, unit pelayanan juga harus mengelola pengaduan untuk perbaikan kualitas pelayanan publik dan pendokumentasian kegiatan yang dilakukan. Serta Unit pelayanan juga harus melaksanaan survei kepuasan masyarakat dan menindaklanjuti survei.

Penghargaan ini menambah motivasi bagi DPMPTSP kota Kendari, untuk bekerja keras mempertahankan prestasi dan memberikan pelayanan publik yang lebih prima. (Hengky)