'Ford v Ferrari' Kisah Nyata Dunia Balap Manusia Melawan Dewa

Rizky Prima Ananda • Thursday, 7 Nov 2019 - 19:47 WIB

Genre : Action & Adventure, Drama
Sutradara : James Mangold
Penulis : Jez Butterworth, John-Henry Butterworth, Jason Keller
Pemeran : Christian Bale, Matt Damon 
Produksi : 20th Century Fox
Durasi: 152 Menit
“Ford v Ferrari” akan tayang di bioskop Indonesia mulai 15 November 2019 mendatang.

Jakarta – Berlatar pada tahun 1960-an, “Ford v Ferrari” akan menghadirkan kisah nyata terinspirasi dari cerita dibalik upaya Ford Motor Company saat melawan Ferrari dalam salah satu ajang belapan paling bergengsi Le Mans 24 Jam pada tahun 1966. “Ford v Ferrari” dibintangi oleh dua actor papan atas pemenang Academy Award, Matt Damon dan Christian Bale, sebagai Carroll Shelby dan Ken Miles.

Kisah dimulai dari salah satu tokoh ikonik dalam dunia balap, Carroll Shelby, yang menjuarai ajang balapan Le Mans 24 Jam pada tahun 1959. Sayangnya, setelah kemenangan tersebut, Carroll Shelby harus menghadapi kenyataan bahwa ia tidak bisa melanjutkan kariernya sebagai pembalap karena kondisi jantungnya. Namun, ia tetap melanjutkan kariernya dalam dunia balap sebagai perancang mobil Bersama timnya, termasuk Ken Miles, salah satu pembalap paling berbakat yang dikenal Shelby.

Keduanya kemudian menjadi bagian dari salah satu kisah nyata paling legendaris dalam dunia balap. Carroll Shelby dan Ken Miles bekerja sama untuk Ford Motor Company dalam menciptakan sebuah mobil revolusioner yang dapat mengalahkan salah satu mobil balap terbaik, Ferrari, yang sebelumnya telah memenangkan kejuaraan Le Mans 24 Jam selama lima tahun berturut – turut. Film “Ford v Ferrari” akan menghadirkan keseruan laga di arena balap yang memacu adrenalin serta menampilkan deretan mobil – mobil antic yang menarik untuk para penonton, terutama penggemar otomotif. Kisah ini juga dilengkapi dengan sentuhan drama yang penuh emosi serta humor yang terinspirasi dari kisah persahabatan Shelby and Miles.

“Kisah ini menjadi salah satu cerita legendaris karena menghadirkan konflik yang menarik, dimana manusia melawan dewa, bukan? Ferrari dapat diibaratkan sebagai dewa. Ia seperti monster, orang yang terpandang dalam dunia balap. Dan sebagai sosok yang dikucilkan, Ford berani melawan, dan mereka berhasil melakukannya dengan baik, “ungkap actor pemeran Ken Miles, Christian Bale.

Distribusi oleh sineas ulung, James Mangold, “Ford v Ferrari” telah ditayangkan lebih dulu dalam perhelatan Telluride Film Festival 2019 dan Toronto International Film Festival 2019. Film ini mendapat sambutan luar biasa dari para kritikus film berkat arahan sang sutradara dan penampilan menawan para actor yang terlibat didalamnya. “Ford v Ferrari” sendiri dipercaya untuk masuk dalam ajang Oscar mendatang dan berpotensi untuk memenangkan beberapa kategori penghargaan.