Live di iNews, Final Liga Santri Nusantara 2019: Nur Iman Vs Al Makmur

Abdul Haris • Friday, 8 Nov 2019 - 09:59 WIB

CIBINONG – Pondok Pesantren Nur Iman dari Mlangi, region Daerah Istimewa Yogyakarta bakal menghadapi Pondok Pesantren Pondok Pesantren Al-Makmur dari region Banten pada final Liga Santri Nusantara (LSN) 2019 di Stadion Mini Cibinong, Jumat (8/11/2019) siang. Laga pamungkas ini akan disiarkan langsung iNews pukul 14.30 WIB.

Jika berhasil juara, Nur Iman bakal mengukir sejarah sebagai satu-satunya tim yang mampu meraih juara dua kali dalam kompetisi yang memasuki musim kelima ini. Sebelumnya, tim pesantren dari Mlangi itu pernah jadi yang terbaik pada edisi 2016 silam. Kala itu mereka berhasil mengalahkan Walisongo dari Sragen dengan skor 7-6 melalui drama adu penalti.

Tahun ini, Nur Iman mampu menembus final setelah tampil sempurna selama putaran nasional ini. Dari lima pertandingan, tiga di fase grup dan dua pada babak gugur, mereka mampu mengepak 15 gol tanpa kebobolan.

Pada semifinal yang digelar di lapangan PHB Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/11/2019), Nur Iman menang 2-0 atas Fathun Nawi dari region Jawa Barat 3.

Sementara buat Al-Makmur, ini merupakan kali pertama mereka menembus laga pamungkas. Tim asal Banten ini terkenal dengan pertahanannya yang solid karena juga belum kebobolan sejak babak awal putaran nasional.

Pada semifinal, Al-Makmur menang tipis 1-0 atas Al Ma’ruf di Stadion Mini Cibinong, Kamis kemarin.

Rencananya, pada final nanti akan dihadiri Menteri Olah Raga Zainudin Amali, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, dan Ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) KH Abdul Ghaffar Rozin.