Rohana Kudus, Wartawan dan Pendiri Surat Kabar Perempuan Pertama di Indonesia

Rakhmatulloh • Friday, 8 Nov 2019 - 17:26 WIB

Rohana Kudus, satu dari enam tokoh yang dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi. Penganugerahan gelar dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Rohana yang juga seorang jurnalis perempuan dapat gelar Pahlawan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 120/TK/2019. (Baca juga: Kiai Masjkur Dikenal Panglima Laskar Sabilillah Pertempuran Surabaya)

Rohana Kudus, tokoh dari Sumatera Barat adalah wartawan perempuan. Pada 1911, Rohana mendirikan sekolah Kerajinan Amai Setia (KAS) di Koto Gadang. Ia juga aktif menulis di surat kabar perempuan, Poetri Hindia. (Baca juga: Himayatuddin Muhammad Saidi Jadi Pahlawan Nasional, Begini Profilnya)

Ketika medianya dibredel pemerintah Belanda, Rohana berinisiatif mendirikan surat kabar, bernama Sunting Melayu, yang tercatat sebagai salah satu surat kabar perempuan pertama di Indonesia. (Baca juga: AA Maramis, Perumus Pancasila yang Pernah Jadi Dubes di Empat Negara)

Rohana lahir di Kota Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Rohana adalah kakak tiri dari Sutan Sjahrir, bibi penyair Chairil Anwar, dan sepupu H. Agus Salim.