Peringati Hari Pahlawan, Pemkot Surabaya Gelar Parade Juang 2019

• Saturday, 9 Nov 2019 - 14:50 WIB

Surabaya - Menyongsong Hari Pahlawan 10  November, Pemkot Surabaya kembali menggelar Parade Surabaya Juang 2019. Antiek Sugiharti, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Surabaya mengatakan, Parade Surabaya Juang adalah momentum istimewa untuk kembali mengingatkan, khususnya generasi muda Surabaya akan perjuangan besar Arek-Arek Surabaya.

"Parade Surabaya Juang akan selalu ada karena ini adalah cara untuk mengingat kembali betapa besar jasa Arek-Arek Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan," ujar Antiek Sugiharti.

Parade Surabaya Juang diikuti oleh ribuan masyarakat Surabaya dari berbagai komponen. Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga ikut longmarch berparade dengan baju pejuang, dan menaiki Tank Anoa. Long march dimulai dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Bungkul. Antiek Sugiharti menambahkan, rute yang dilalui mempunyai nilai sejarah yang tinggi, karena saat 10 Nopember 1945 para pejuang menggunakan jalur ini menuju medan pertempuran di kawasan Tugu Pahlawan.

Sementara itu sepanjang rute yang di lalui para peserta juga menampikan berbagai atraksi yang menghibur masyarakat. Juga aksi teatrikal yang menggambarkan pertempuran 10 November. Walikota Surabaya yang berada di atas Tank Anoa pun tampak sumringah. sembari melambaikan tangannya.

"Aku seneng rek, mugo-mugo arek-arek Suroboyo yo melok seneng karo acara iki," ujar Walikota di sela-sela acara Parade Surabaya Juang. (Hermawan)