Carlos Checa Sarankan Lorenzo untuk Pensiun dari MotoGP

Djanti Virantika • Monday, 11 Nov 2019 - 16:04 WIB

AALST – Mantan pembalap MotoGP, Carlos Checa, mengomentari penampilan Jorge Lorenzo yang tengah melempem di MotoGP. Melihat kondisi Lorenzo yang tengah terpuruk, Checa pun menyarankan sang pembalap untuk pensiun.

Lorenzo kini tengah berada dalam fase-fase sulit dalam kariernya di MotoGP. Ia tak mampu merengkuh hasil manis di sepanjang musim 2019. Debutnya bersama Tim Repsol Honda gagal total karena terus tercecer dari posisi 10 besar. Capaian terbaiknya sejauh ini hanyalah satu kali finis di posisi ke-11.

Mendapati hasil ini, Checa pun turut prihatin. Ia sendiri tak menyangka Lorenzo yang berstatus sebagai juara tiga kali akan menghadapi situasi tersebut. Checa pun agak khawatir sang pembalap bisa segera bangkit dari keterpurukannya.

Sebab, penampilan minor pembalap asal Spanyol itu terjadi karena masalah fisik. Setelah kecelakaan para di Sirkuit Assen, Belanda, pada tahun ini, performanya terus menurun hingga terus tercecer ke posisi belakang dalam setiap balapan.

Bagi Checa, satu-satunya jalan keluar yang bisa diambil oleh Lorenzo saat ini adalah pensiun. Sebab, jika terus berlanjut dengan kondisi tersebut, pembalap berjuluk Por Fuera itu dinilai hanya akan bunuh diri dengan kariernya.

"Sulit untuk menggambarkan situasi Jorge Lorenzo, tidak menyenangkan untuk melihat dalam posisi ini, gagal naik peringkat dan tanpa kemungkinan berbuat lebih baik, ketika Anda telah hidup satu tahun seperti ini, jelas bahwa melakukan yang kedua adalah bunuh diri. Ketika Anda telah mencoba bekerja selama satu tahun dan Anda berada di titik kegagalan ini, yang terbaik adalah tidak memberikan kontinuitas (pensiun),” ujar Lorenzo, sebagaimana dikutip dari Paddock GP, Senin (11/11/2019).

“Demi Jorge, ia harus mengubah kondisi fisiknya dengan olahraga (penyembuhan) menjadi Lorenzo seperti sebelumnya, jika dia benar-benar ingin bertarung lagi untuk posisi kepala (pemimpin klasemen) dan gelar. Ini keputusan yang harus dia ambil, tetapi saya tidak melihat adanya kontinuitas dalam balap ini, dan lebih baik membalik halaman (pensiun),” tukasnya.