Risma Pastikan Undang Khofifah Ke Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Sampah di TPA Benowo

• Tuesday, 12 Nov 2019 - 14:13 WIB

Surabaya - Walikota Surabaya Tri Rismaharini memastikan akan mengundang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa dalam peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). PLTSa yang berada di TPA Benowo tersebut saat ini sudah hampir selesai dan rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo akhir bulan November ini. 

"Proyek PLTSa saat ini sudah mencapai lebih dari 90 persen dan dalam waktu dekat akan dituntaskan. Rencananya nanti akan diresmikan Pak Presiden, kita tunggu waktu longgar beliau," ujar Risma. Terkait apakah saat peresmian Gubernur Jatim Khofifah akan diundang, Risma mengiyakan. "Yo diundanglah rek, gak masalah," lanjut Risma. 

Sebelumnya banyak warga Surabaya yang tidak menginginkan kehadiran Gubernur Jatim ke acara peresmian PLTSa tersebut, karena pernyataan gubernur yang dinilai menyinggung Warga Surabaya terkait Stadion Gelora Bung Tomo yang dikatakan bau sampah, karena lokasinya berdekatan dengan TPA dan juga PLTSa. 

Namun Risma tetap menghormati Khofifah sebagai gubernur dan akan mengundangnya. PLTSa Surabaya menjadi proyek besar yang dibangun secara bersama-sama antara Kementrian ESDM, Pemkot Surabaya dan PT PLN. Nantinya PLTSa di Surabaya menjadi yang pertama beroperasi di Indonesia.

PLTSa tersebut akan menghasilkan daya sebesar 11 MW dari pengolahan sampah sebanyak 1500 ton / hari dengan nilai investasi sekitar US$49,86 juta. Walikota Surabaya Tri Rismaharini menandaskan, nantinya setelah diresmikan akan disewakan kepada pihak ke-3 dengan nilai sewa sebesar Rp 3 miliar per tahun. (Hermawan)