BIN dan BNPT Tak Maksimal, HMI Desak Pemerintah Serius Lakukan Aksi Pencegahan Terorisme

• Friday, 15 Nov 2019 - 06:47 WIB

Medan - Badan Koordinasi HMI Sumatera Utara menyebutkan bahwa selain BIN dan BNPT, pemerintah juga punya peran penting dalam mencegah dan mendeteksi lahirnya aksi-aksi terorisme di kalangan masyarakat

Hal tersebut muncul pasca terjadinya aksi bom bunuh diri di Mako Polrestabes Medan di Jalan HM Said Medan, Rabu, (13/11).

Pelaku bom diri yang menggunakan atribut ojek online itu meledakkan diri di sekitar kantin Polrestabes Medan. Terduga pelaku bom bunuh diri tewas dengan kondisi tubuh hancur. Sedangkan, korban luka-luka enam orang.

M. Alwi Hasbi Silalahi selaku Ketua Umum Badko HMI Sumatera Utara mengkritik BIN dan BNPT yang gagal menjadi lembaga yang bertugas untuk meredam dan mencegah aksi terorisme. Namun Hasbi menyampaikan bahwa pemerintah, termasuk di tataran paling dasar seperti kepala lingkungan harus berperan aktif dalam mencegah dan mendeteksi aksi terorisme.

"Pemerintah, baik pemerintah di tataran paling dasar seperti kepala-kepala lingkungan harus berperan aktif dalam mencegah dan mendeteksi aksi terorisme, karena kan itu warga mereka, harusnya mereka kan sering berinteraksi, janganlah ada kepala lingkungan yang tinggal tidak di lingkungan tempatnya bertugas" Uangkap Hasbi, Jumat (15/11).

Selain itu Hasbi juga mendorong agar pemerintah kabupaten/kota membuat aturan terkait peran penting setiap elemen pemerintah dalam mencegah dan mendeteksi aksi terorisme.

"Kita akan dorong pemerintah kabupaten/kota agar membuat peraturan daerah tentang peran penting setiap elemen masyarakat dalam mencegah dan mendeteksi aksi terorisme, terkhusus kepada para kepala lingkungan yang memang langsung bersentuhan dengan masyarakat di lingkungannya, kepling harus punya data yang lengkap terkait warganya, data keluar masuk warganya, harapannya agar aksi terorisme langsung bisa di cegah," tegas Hasbi. (mus)