Indonesia Visionary Leader, Wali Kota Denpasar Sampaikan Konsep Denpasar Kreatif Berwawasan Budaya

Aditya Pratama • Tuesday, 19 Nov 2019 - 14:28 WIB
Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra menyampaikan visi misi dalam membangun Kota Denpasar di acara Indonesia Visionary Leader yang diselenggarakan oleh SINDO Media, Rabu (19/11/2019). (Foto: iNews.id/ Aditya Pratama).

JAKARTA - Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra menyampaikan visi misi dalam membangun Kota Denpasar di acara Indonesia Visionary Leader yang diselenggarakan oleh SINDO Media, Rabu (19/11/2019). Dia mengatakan, tengah mencanangkan konsep Denpasar Kreatif Berwawasan Budaya dalam Keseimbangan Menuju Keharmonisan sebagai jargon utamanya dengan visi dan misi penguatan jati diri masyarakat Kota Denpasar berdasarkan kebudayaan Bali.

Pada kesempatan itu dia mengatakan, pentingnya menghadirkan pengembangan inovasi berkelanjutan yang berbasis spiritual, ekologi dan kemasyarakatan untuk mencapai kesejahteraan. Inovasi tersebut dalam rangka menyukseskan visi dan misi yang dicanangkan pemerintah pusat tentang pembangunan dan partisipasi masyarakat.

"Jadi adanya prespority dan happiness di sana, adanya tingkat kompetensi daripada sumber daya manusia yang harus memadai, reformasi birokrasi melayani, pemerataan investasi, kesempatan kerja dan adanya pride smart identity bagaimana potensi kebudayaan itu bisa memengaruhi tingkat keefektifan kesejahteraan masyarakat," ujar Ida Bagus di Gedung SINDO, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

Selain output dari visi misi yang menghasilkan kesejahteraan, kata dia Pemerintah Kota Denpasar juga mendukung visi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Indonesia Maju. Menurutnya, Denpasar telah menjadi kota kreatif dan sangat mendukung visi Indonesia Maju.

"Denpasar sendiri sangat mendukung karena kita Denpasar Kreatif. Denpasar Kreatif SDM-nya harus kreatif, kalau enggak menghadapi 4.0 secara kreatif bisa nganggur, kere dan aktif," katanya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menuturkan, kreativitas yang digaungkan Pemerintah Kota Denpasar didukung dengan menghadirkan Denpasar Smart City yang mengedepankan kemudahan, responsif, transparan, informatif dan kenyamanan. Selain itu terdapat juga smart economy dengan Denpasar smart heritage market pasar rakyat seperti pasar Sindhu.

Sementara di sektor pelayanan publik, menghadirkan smart government dengan Denpasar planning, SIPKD penganggaran, sistem monitoring dan evaluasi Karma Simanis serta e-kinerja dengan salah satu buktinya hadir mal pelayanan publik di Gedung Sewaka Dharma, Kota Denpasar.

Kemudian untuk mendukung visi Indonesia Maju dan visi Denpasar Kreatif Berwawasan Budaya, turut dihadirkan juga aplikasi mobile Pro Denpasar. Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah warga kota didalam mengakses informasi.

"Seperti pengaduan online, CCTV, info lowongan kerja dan perizinan sehingga dapat menunjang pekerjaan dan aktivitasnya ekonominya, dan telah diinstal 10.000 lebih," katanya.

(Sumber: iNews)