Kormo, Aplikasi Bursa Kerja Besutan Google

Ita Kusuma • Thursday, 21 Nov 2019 - 19:55 WIB

JAKARTA - Mencari pekerjaan yang sesuai bagi fresh graduate tanpa pengalaman adalah bukan hal yang mudah. Termasuk juga para perusahaan yang mencari bibit muda untuk bekerja di tempat mereka. Dan hal ini tampaknya dilihat oleh Kormo, sebuah aplikasi bursa kerja dan pengembangan karier besutan Google yang terutama difokuskan untuk first jobber, dengan tujuan menghubungkan pencari dan pemberi kerja untuk mengisi posisi level pemula di sektor-sektor yang berkembang pesat seperti bisnis on-demand, retail dan hospitality. 

Lowongan kerja yang disajikan sejauh ini diisi melalui jalur offline dan bagian rekrutmen perusahaan. Sementara itu, algoritme pencocokannya menggunakan machine learning yang efisien dan didasarkan pada beragam faktor seperti keterampilan, pengalaman, kompensasi, lokasi, dan ketersediaan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pembuat CV gratis dan kumpulan materi belajar terkurasi yang menyediakan video, kursus/evaluasi, dan artikel pengembangan profesi.
 
Kormo sebenarnya pertama kali diluncurkan di Indonesia pada bulan Maret tahun ini dan sampai saat ini telah membantu lebih dari 50.000 pelamar dan pemberi kerja dalam memenuhi kebutuhan mereka terkait pengisian posisi kerja. Beberapa perusahaan telah bergabung sebagai partner pemberi kerja pertama kami, antara lain Bukalapak, Tiket.com, Go-LIFE, Indocareer, Union Group, Potato Head, Archipelago International, Sari Roti, dan Asuransi Astra. 

FITUR-FITUR KORMO

1. CV Digital: Membuat profil profesional dalam hitungan menit 
Kormo akan secara otomatis membuatkan CV digital dengan cepat dan gratis, berdasarkan data yang diisi pengguna sendiri pada profil. Pengguna bisa menghubungkan Kormo dengan akun Google mereka, kemudian mulai mengisikan informasi diri di menu Profil yang juga akan berfungsi sebagai curriculum vitae. 
Cantumkan misi, minat, dan beberapa detail pribadi Anda, dan ini gratis. Dapat diatur tentang siapa yang bisa melihat informasi Anda. Anda pun bisa membagikan profil secara online dan bahkan mendownloadnya sebagai CV yang dapat dicetak untuk diserahkan kepada perusahaan pemberi kerja. 

2. Mendapatkan rekomendasi pekerjaan yang dipersonalisasi 
Mencari dan memilah lowongan pekerjaan di Kormo sangat mudah karena aplikasi ini menggunakan machine learning Google untuk memberikan rekomendasi lowongan pekerjaan yang disesuaikan dengan profil dan resume pengguna. 

3. Mengembangkan Pengetahuan dan Keahlian 
Yang unik dari Kormo adalah aplikasi ini berusaha membantu para pencari kerja untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan melalui fitur Pelajari, yang menyediakan modul pembelajaran dalam bentuk video dan artikel. Setelah pengguna selesai belajar, mereka akan memperoleh badge yang akan bisa dilihat oleh para pemberi kerja untuk menunjukkan keterampilan dan pengetahuan ekstra. Kami berpartner dengan kreator YouTube Hujan Tanda Tanya untuk menyediakan konten pengembangan dan pelatihan keterampilan profesional yang sesuai dengan orang Indonesia. 

4. Melihat Proses Seleksi Kerja Secara Transaparan 
Kormo menjaga kepercayaan pengguna dengan memberikan transparansi atas proses seleksi kerja. Pada menu Lamaran, Kormo secara real time memberikan informasi baru tentang setiap tahapan proses yang akan dilalui. Pencari kerja akan diberi tahu saat lamaran mereka sudah dibaca, saat mereka dipanggil wawancara, hingga saat pengumuman akhir diberikan. Sementara itu, pemberi kerja akan menerima notifikasi ketika lamaran pekerjaan yang mereka upload ke Kormo telah dibaca dan ditanggapi pencari kerja. 

5. Menambahkan Badge untuk Melengkapi Resume Digital 
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika ada keterampilan baru yang telah Anda pelajari, Anda dapat menunjukkannya kepada pemberi kerja menggunakan badge di profil. 

Kormo sendiri telah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan sejumlah pemerintah provinsi di Indonesia selama 3 tahun terakhir untuk menyediakan pelatihan dan evaluasi kesiapan kerja kepada anak muda pencari kerja, terutama siswa dan lulusan sekolah kejuruan. 

Tertarik untuk mencoba aplikasi pencari kerja besutan Google ini? Kormo sudah bisa diunduh langsung di smartphone Android melalui toko aplikasi Google Play Store. (ITK)