Tongkat Estafet Pimpinan Ikatan Pranata Humas Indonesia Berganti

• Monday, 25 Nov 2019 - 17:38 WIB

JAKARTA - Jajaran Dewan Pengurus Pusat beserta segenap anggota Ikatan Pranata Humas Indonesia (Iprahumas) mengucapkan selamat kepada Ketua Umum Ikatan Pranata Humas, Dr. Dyah Sugiyanto menjalankan tugas yang baru sebagai Kepala Bagian Humas dan Informasi Publik, Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI). Ia menjabat sebagai Ketua Umum Iprahumas periode 2019-2021 setelah terpilih dalam Kongres Iprahumas 2018. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Iprahumas Periode 2016-2018. Dengan dilantiknya Dyah sebagai struktural, maka otomatis Dyah sudah tidak aktif sebagai Pejabat Fungsional Pranata Humas.

Pada masa kepemimpinannya, Dyah berhasil memperkuat fungsi Iprahumas menjadi salah satu organisasi profesi jabatan fungsional yang kuat. Iprahumas mengadakan kegiatan peningkatan kompetensi fungsional Pranata Humas seperti kelas belajar dan seminar kehumasan. Iprahumas juga berhasil melakukan kolaborasi dengan instansi pembina yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian/Lembaga lain, serta media. Ia juga berhasil memulai rebranding Pranata Humas menjadi salah satu Jabatan Fungsional yang diakui kompetensi dan terbukti berdampak pada meningkatnya kinerja kehumasan instansi Pemerintahan seiring dengan revitalisasi peran Humas Pemerintah. Jaringan komunikasi antara pejabat pranata humas Kementerian/Lembaga diyakini menjadi salah satu alternatif jalur komunikasi untuk merekatkan hubungan antar unit kehumasan Kementerian, Lembaga, dan Daerah. Jabatan yang dipercayakan merupakan gambaran bahwa Pranata Humas memiliki kompetensi yang kuat dan spesifik keahliannya.

"Saya ucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada pengurus Iprahumas dan seluruh rekan-rekan seprofesi Pranata Humas atas perjuangannya memajukan dan membesarkan nama Pranata Humas Indonesia selama ini...," kata Dyah.

Untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan sementara, Meylani yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua II Iprahumas ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) hingga pemilihan Ketua Umum Iprahumas berikutnya yang mekanismenya akan ditentukan melalui Rapat Dewan Pimpinan Pusat. "Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi Ibu Dyah atas arahan dan bimbingannya selama ini, cukup banyak program yang dirancang oleh beliau yang harus kami lanjutkan demi kemajuan Pranata Humas Indonesia."

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, dengan adanya pemangkasan birokrasi, peran dan fungsi jabatan fungsional termasuk Pranata Humas, akan lebih kuat dan strategis. Humas pemerintah yang merupakan core competence Pranata Humas menjadi kunci efektivitas kebijakan publik. Humas pemerintah adalah bagian dari kebijakan dan sudah seharusnya humas ditempatkan di depan. Iprahumas harus siap untuk membangun profesi ini dengan penambahan jumlah anggota yang signifikan bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai instansi pembina. Tugas terbesar Iprahumas adalah mengawal perumusan kebijakan mengenai Jabatan Fungsional Pranata Humas akan menjadi agenda prioritas bagi Ketua Umum yang terpilih nantinya.

Kominfo sebagai unit pembina kehumasan memfasilitasi pendirian Iprahumas pada tahun 2015. Kepengurusan Iprahumas 2019-2021 dikukuhkan  melalui Surat Keputusan Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pengukuhan Pengurus Pusat Ikatan Pranata Hubungan Masyarakat Periode 2019-2021 oleh Menteri Komunikasi dan Informatika.