Miliki Senjata Kimia, Iran Sebut AS Ancaman Terbesar Dunia

Victor Maulana • Tuesday, 26 Nov 2019 - 12:56 WIB

TEHERAN - Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Hukum dan Internasional, Gholam-Hossein Dehqani mengatakan, Amerika Serikat (AS) sebagai satu-satunya negara yang memiliki senjata kimia, merupakan ancaman bagi perdamaian dan keamanan global. Hal itu disampaikan Dehqani dalam Konferensi Negara-negara Pihak pada Konvensi Senjata Kimia (CWC) di Den Haag, Belanda.

Dalam pertemuan tersebut, Dehqani menyerukan penghancuran segera senjata kimia dan pengawasan lebih lanjut oleh Organisasi untuk Larangan Senjata Kimia (OPCW) atas penghancuran senjata kimia AS.

Dia lalu mengkritik bantuan internasional yang sangat sedikit kepada para korban serangan bahan kimia dan menyatakan sebagai tidak manusiawi dan memalukan sanksi AS secara sepihak terhadap Iran, yang telah menyebabkan masalah dalam cara memberikan para korban obat-obatan yang diperlukan dan perawatan medis.

Dehqani, seperti dilansir PressTV pada Selasa (26/11/2019), kemudian meminta masyarakat internasional untuk melawan sanksi AS, yang katanya sama dengan terorisme ekonomi dan pelanggaran terang-terangan CWC.

Dirinya juga mendesak negara-negara anggota OPCW untuk menentang langkah-langkah AS untuk mencegah transfer zat kimia, termasuk bahan-bahan farmasi, ke negara-negara anggota, dengan mengatakan langkah Washington adalah kejahatan terhadap kemanusiaan.

(esn)