Indonesia Targetkan 2 Besar di SEA Games 2019, Jokowi Siapkan Bonus

Fakhrizal Fakhri • Wednesday, 27 Nov 2019 - 19:01 WIB

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Indonesia masuk dalam peringkat dua besar di SEA Games 2019 yang berlangsung di Filipina. Jokowi menjanjikan bonus kepada atlet-atlet yang meraih medali di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu.

Hal itu disampaikan Jokowi di sela melepas 1.033 orang tim kontingan Indonesia yang berlaga di SEA Games 2019. Tim terdiri dari 841 atlet dan 256 pelatih. Mereka akan berlaga di 52 cabang olahraga dari 56 cabor yang dipertandingkan.

"Saya tadi sudah minta dengan sangat agar kita bisa masuk ke-2 besar. Amin," kata Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/11/2019).

Target masuk dua besar di SEA Games ke 30 kali ini dinilai rasional, karena pada SEA di Malaysia pada 2017, Indonesia meraih rangking lima. "Di SEA Games sebelumnya kita ranking kelima. Sebelumnya lagi juga di ranking kelima," ujar Jokowi.

 Jokowi

Pelepasan kontingan Indonesia ke SEA Games 2019 (Okezone.com/Fakhri)

Dia ingin Indonesia kali ini tembus ke peringkat dua besar. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku optimis Indonesia bisa masuk kedua besar perolehan medali terbanyak di SEA Games tersebut. "Ya harus optimis," singkatnya.

Jokowi memastikan, pemerintah akan memberikan bonus kepada para peraih medali dalam ajang SEA Games tersebut. Namun, kata dia, pihaknya masih menghitung berapa bonus yang akan diberikan tersebut.

"Ya nanti kita hitung, yang jelas pemerintah akan berikan bonus-bonus khusus untuk yang peraih medali," tandasnya.

(sal)