Lions Ride 2019, Program Diabetes Awareness Melalui Olahraga Bersepeda

• Thursday, 28 Nov 2019 - 22:29 WIB

JAKARTA – Angka penderita diabetes di Indonesia bisa dibilang cukup tinggi. Pada 2017, Indonesia Diabetic Federation (IDF) menyatakan bahwa Indonesia berada di peringkat ke-6 dengan pengidap diabetes terbanyak di dunia. Ada sekitar 10,3 juta orang berusia 20-79 tahun yang mengidap penyakit tersebut. Bahkan, berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), angka prevalensi diabetes di Indonesia juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dari 6,9% di tahun 2013 menjadi 10,9 % pada 2018.

Melihat kondisi hal tersebut dan dalam rangka memperingati hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada 14 Nopember, Lions Clubs International, beberapa club yang tergabung dalam distrik 307 A1 dan distrik 307 B1 akan mengadakan Lions Ride 2019, yaitu lomba sepeda sehat , yang akan diadakan pada Hari Minggu 01 Desember di The Breeze Serpong.

Ketua Panitia Lions Ride 2019, Dadank Hasan mengatakan, Lions Ride tahun ini sudah berjalan selama 3 (tiga) tahun , tahun pertama pada tahun 2017 Lions Ride juga di adakan di Serpong, tahun kedua diadakan di GBK Senayan.  Tujuan utama adalah mengajak masyarakat supaya hidup sehat dan rajin berolahraga. Pihaknya mentargetkan ada 500 peserta akan ikut andil dalam event rutin tahunan tersebut.

“Tahun ini adalah tahun yang ketiga, ada sekitar 15 clubs yang terlibat dalam kepanitiaan dari dua distrik, yaitu distrik 307 A1 dan distrik 307 B1. Kami bersyukur banyak mendapat support dari beberapa perusahaan untuk pelaksanaanya itu sendiri, dimana animo masyarakat sangat baik. Hingga saat ini  total jumlah peserta berjumlah 450,” kata Lion Dadank Hasan, di Jakarta, Kamis (28/11/2019)

Menurutnya, pada event kali ini akan menggunakan 2 rute yaitu 25 dan 80 Kilometer. Ia menjelaskan, 25 Km dikhusukan bagi peserta yang masih kategori pemula, sedangkan 80 Km yang sudah bisa dikatakan profesional. Bahkan peserta yang akan ikut mulai dari usia 10 hingga 69 tahun. Nantinya, para peserta, kata Dadank, akan mendapatkan medali, sebagai bentuk partisipasi dalam mensukseskan Lions Ride 2019.

“Lion Ride 2019, bertujuan untuk mengajak masyarakat supaya hidup sehat dan rajin berolahraga. Bersepeda secara fun, namun terukur,” tambahnya.

Selain olaharaga bersepeda, pada event itu juga akan digelar acara hiburan, pemeriksaan kesehatan gratis dan kampanye tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Sementara itu, Pengagas Lion Ride, yang juga adalah penggagas kegiatan sepeda sehat bersama Yayasan Jantung Indonesia, Dani Arifin menjelaskan, olahraga merupakan cara yang paling gampang agar tidak terjangkit diabetes. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat, juga kunci agar terhindar dari penyakit degenerative tersebut.

"Penyakit diabetes adalah silent killer no 2 di dunia, banyak orang tidak terlalu memperhatikan bahayanya jika sudah terkena penyakit ini, solusi untuk menghindari diabetes adalah dengan berolah raga secara teratur dan menjaga asupan makanan, saya membuat Lions Ride untuk mengajak agar masyarakat giat berolah raga dan menjadikan olahraga sebagai kebutuhan,” ujar Lion Dani Arifin.

Sebelumnya, Lions Clubs International adalah organisasi pelayanan masyarakat terbesar di dunia yang terdiri dari 1,4 juta anggota yang tergabung dalam kurang lebih 45.000 club di lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia. Kehadiran Lions Clubs International yang berumur lebih dari 100 tahun di berbagai negara bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai masalah kebutuhan seperti sosial, lingkungan, budaya, pendidikan, kesehatan, perempuan dan anak-anak, dan lain sebagainya, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia lebih dari 10.525 orang yang tergabung di 341 Lions Club yang didirikan mulai dari Sumatera Utara (Medan) hingga Sulawesi Utara (Manado), setiap Club melakukan kegiatan pengabdian yang menekankan kepada usaha membantu sesama manusia yang kurang beruntung.

Seiring dan sejalan dengan tujuan Lions Clubs International, beberapa club yang tergabung dalam distrik 307 A1 dan distrik 307 B1 akan mengadakan Lions Ride 2019, yaitu lomba sepeda sehat , yang akan diadakan pada Hari Minggu 01 Desember di The Breeze Serpong. Lions Ride adalah inisiatif dari Lion Dani Arifin, anggota dari Lions Club Jakarta Monas Heritage yang sudah selama 15 tahun memberikan waktunya bagi masyarakat yang membutuhkan melalui Lions Clubs.

Sejak berdiri pada tahun 1917 Lions Clubs International terus melangkah mendekatkan diri dan mengabdi kepada masyarakat. Lions Clubs Internasional berkomitmen dalam mewujudkan perubahan kehidupan di berbagai kelompok masyarakat, dari semua penjuru negara, menuju ke arah yang lebih baik, termasuk di Indonesia. Membantu masyarakat meraih kehidupan yang lebih baik dengan berbagai program-program sosial yang secara berkelanjutan mampu memberikan manfaat dan inspirasi. #Lionsclubsinternational307 #Lions100 #lionsride2019. (ANP)