Akhirnya, Warga Pulau Panggang Punya Rumah Pintar

• Sunday, 1 Dec 2019 - 19:27 WIB

Penulis : Lia Christie

Enam bulan sejak peletakan batu pertama pada Mei lalu, kini warga Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, akhirnya memiliki rumah baca multifungsi yang diberi nama Rumah Pintar SCI Pulau Panggang.

Warga menyambut peresmian rumah pintar tersebut dengan sukacita. Sejumlah tarian dan pertunjukan kesenian anak-anak warga Pulau Panggang ditampilkan dalam acara peresmian Rumah Pintar SCI di Pulau Panggaglng pada Sabtu (30/11/2019).

Pembangunan rumah pintar di Pulau Panggang datang dari inisiatif para anggota komunitas jetski terbesar di Indonesia, Sea-Doo Club Indonesia (SCI). Brand Ambassador SCI, Anindya Kusuma Putri, di lokasi, menjelaskan, "Kita ingin juga berkontribusi untuk Kepulauan Seribu, salah satunya di Pulau Panggang, karena kan kita sering main jetski di Kepulauan Seribu."

"We try to give back, apa sih yang bisa kita lakukan buat warga sekitar. Dan akhirnya kita melakukan penggalangan dana, dan terkumpul, terus kemudian kita memutuskan untuk membangun rumah Pintar SCI ini di Pulau Panggang," lanjut Anindya yang adalah Putri Indonesia 2015.

Rumah Pintar SCI dibangun dengan fungsi utama sebagai lokasi PAUD bagi anak-anak warga Pulau Panggang. Hal ini tak lepas dari antusiasme para ibu di Pulau Panggang yang memiliki perhatian besar terhadap masa depan anak-anak Kepulauan Seribu.

Di dalam Rumah Pintar SCI–yang telah dilengkapi dengan pendingin udara–terdapat fasilitas perpustakaan dan mini home theatre. Di area luar ada taman bermain anak, serta ruang terbuka yang akan difungsikan sebagai tempat berkumpul warga.

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad, mengapresiasi kepedulian komunitas SCI yang setiap tahun mengadakan kegiatan sosial di Kepulauan Seribu. "Tahun ini mereka membangunkan yang kita beri judul Rumah Pintar ini, sebagai sarana belajar untuk anak-anak PAUD dan edukasi bagi masyarakat di sini," kata Husein, selepas acara pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti Rumah Pintar SCI.

Bupati Husein berharap, dengan keberadaan Rumah Pintar SCI dapat lahir generasi penerus yang pintar sesuai dengan tuntutan zaman. Tak lupa ia mengingatkan warga Pulau Panggang untuk bersama-sama memelihara Rumah Pintar SCI agar berkelanjutan, dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat terutama oleh anak-anak Pulau Panggang.

Pada peresmian Rumah Pintar SCI tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan Bulan Dana Peduli PMI sebesar 70 juta rupiah kepada PMI Kepulauan Seribu. Penyerahan secara simbolik dilakukan pengurus SCI yang juga CEO BRP Indonesia, Enderi Andreanto, kepada perwakilan PMI Kepulauan Seribu. (trijayafm/lic)