Jakarta Halal Things 2019; Membawa Gaya Hidup Halal Untuk Semua

• Monday, 2 Dec 2019 - 12:34 WIB

JAKARTA - “Halal for Everyone”, demikian tema besar yang diusung oleh Jakarta Halal Things di tahun ke-2 kehadirannya. Jakarta Halal Things (JHT) awalnya merupakan acara tahunan yang digagas oleh Scarf Media untuk mengembangkan wawasan, kepekaan, dan inspirasi masyarakat Indonesia tentang gaya hidup halal. Tahun ini, Scarf Media bermitra dengan Samara Live untuk kembali mengadakan Jakarta Halal Things 2019 pada tanggal 7 – 8 Desember 2019 di Senayan City.

Kata “halal” sendiri diartikan sebagai segala sesuatu yang diperbolehkan menurut ajaran Agama Islam, dan gaya hidup halal sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Dapat dilihat mulai dari pilihan makanan, pakaian, pariwisata, sampai perbankan, telah tersedia berbagai opsi yang sesuai dengan prinsip tersebut. Prinsip halal bukan lagi semata-mata kepentingan umat Islam. Permintaan akan produk-produk halal dalam skala global telah membawa transformasi bagi berbagai lini industri, terutama di Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. CMO Samara Group, Desy Bachir, menuturkan bahwa “sudah saatnya ada sebuah event gaya hidup yang mampu menjadi referensi bagi individual dan pelaku industri tentang berbagai inovasi dan perkembangan pasar halal yang semakin mendunia, dan Jakarta Halal Things ingin memperkenalkan konsep halal sebagai sesuatu yang baik untuk semua kalangan.”

Sama seperti tahun sebelumnya, Jakarta Halal Things memiliki pilar-pilar sebagai berikut: conference, halal exhibition, dan charity concert. Menurut Temi Sumarlin, Co-Chairman Jakarta Halal Things, yang berbeda di tahun ini adalah kedatangan pembicara-pembicara internasional, seperti Halima Aden (Hijabi Supermodel dari Amerika Serikat) dan Muhamad Elyas Harun (Director Uniti Halal Center / UHAC dari Malaysia).

Ajang ini akan menjadi kesempatan pertama Halima Aden berkunjung ke Indonesia, sebagai supermodel yang telah tampil di berbagai panggung dan media mode internasional, di antaranya New York Fashion Week, Milan Fashion Week, British Vogue, Elle, dan masih banyak lagi. Gadis berdarah Somalia ini telah tampil untuk rumah-rumah mode ternama dunia di antaranya, Dolce & Gabbana, Yeezy, Max Mara, dan Tommy Hilfiger, semuanya dengan tetap memegang teguh keyakinannya untuk berhijab. Di Jakarta Halal Things conference, Halima, yang juga Duta UNICEF sejak 2018, akan bercerita tentang perjalanan dirinya dari terlahir sebagai pengungsi di Kenya hingga saat ini mampu menggebrak dunia fashion dan berkiprah di kancah internasional sebagai seorang role model millennial Muslim. Halima datang dengan membawa pesan kebaikan untuk female empowerment, keberanian untuk bermimpi, dan tetap teguh memegang keyakinan dalam mengejar cita-cita.

Pembicara dari dalam negeri yang akan ikut meramaikan JHT conference di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pengusaha Sandiaga Salahudin Uno, Modest Fashion Designer Ria Miranda, Muslim Influencer dan Entrepreneur Dewi Sandra dan Muhammad Assad, COO The Little Giantz Ricky Manopo, dan masih banyak lagi. Topiknya pun tak kalah seru, misalnya membahas fenomena ‘Jastip’ yang kini marak, seperti apakah hukumnya secara Islam? Atau cara membaca label pada kemasan FMCG dan cara sebuah institusi mendapatkan sertifikasi halal. Diharapkan banyak ilmu dan pesan-pesan kebaikan yang dapat disampaikan di Jakarta Halal Things Conference 2019.

Sementara itu, JHT exhibition akan menggandeng mitra dari beragam industri seperti modest fashion, kecantikan, obat & farmasi, perbankan, hukum & kebijakan, pariwisata, sampai pendidikan. Temi juga menambahkan, “Jakarta Halal Things merupakan acara yang cocok untuk seluruh keluarga, termasuk si kecil, karena akan disediakan dua fasilitas playground serta berbagai aktivitas seru persembahan Nussa official dan Googaga.”

Jakata Halal Things percaya bahwa ini adalah saatnya bagi Indonesia untuk menempatkan dirinya sebagai referensi gaya hidup halal di kancah internasional. Acara ini hadir untuk menjembatani kebutuhan masyarakat akan produk-produk halal yang semakin berkembang. So come and celebrate halal lifestyle with us!