SIMPER Diluncurkan Untuk Permudah Administrasi Persuratan 

• Wednesday, 4 Dec 2019 - 14:05 WIB

Kendari - Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meluncurkan program Sistem Informasi Persuratan (Simper) yang dibuat Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Kendari, di salah satu hotel, Rabu (4/12/2019).

Wali kota mengatakan, program ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi dan misi Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni Yang Berbasis, Ekologi Teknologi dan Informasi.

Wali kota mengakui perubahan pola kerja dari sistem manual menjadi elektronik atau digital tidak mudah,  karena harus melui proses penyesuaian.

Meskipun tidak mudah, namun lanjut Wali kota program ini harus diluncurkan lebih awal agar bisa berjalan efektif tahun 2020.

“Saya minta dimulai saja walaupun nanti dalam perjalannnya akan ada penyesuaian-penyesuaian, saya ingin memberi contoh misalnya SPPD Elektronik yang kita lakukan awal tahun 2019, awalnya memang tidak mudah, pelaksaannya tidak langsung sempurna, tapi setelah kita evaluasi berjalan cukup baik meskipun dengan beberapa catatan,” jelasnya.

Dia menuturkan jika program ini telah berjalan diharapkan akan memberikan dampak, diantaranya sistem administrasi persuratan yang lebih sederhana, penyederhanaan jalur birokrasi, termasuk mengurangi penggunaan kertas (paperless)

“Dengan kesederhanaannya itu akan mempercepat, tapi saya minta pada para pejabat, kepala bidang, kepala bagian, sekretaris juga kepala dinas untuk menyesuaikan,” imbaunya.

Program ini kata Wali kota akan berdampak pada efisiensi waktu karena penyederhanaan jalur birokrasi dan efisiensi anggaran karena menghemat penggunaan kertas.

Dari efisiensi itu nantinya sekitar 20-30 persen akan dialihkan untuk peningkatan kesejahteraan pegawai.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari Moh. Nur Rasak mengatakan, selain meluncurkan program, Diskominfo juga akan melatih para operator seluruh OPD termasuk kecamatan. (Hengky)