Trijaya FM Menangkan Anugerah KPI 2019

• Wednesday, 4 Dec 2019 - 20:09 WIB

Jakarta - Setelah menjuarai Piala Presiden, Anugerah Jurnalistik Kominfo, dan Anugerah Jurnalistik Polri, Trijaya FM kembali meraih penghargaan. Kali ini, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menganugerahkan gelar pemenang bagi program Iklan Layanan Masyarakat (ILM) berjudul "Kursi Prioritas" karya kru Radio Trijaya FM.

Penghargaan tersebut diterima Pemimpin Redaksi Trijaya FM, Gaib Maruto Sigit, Rabu (4/12/2019). "Anugerah KPI 2019 ini dipersembahkan untuk anggota tim dan Pendengar Trijaya, semoga kami tambah bersemangat, selalu 'update' dan khas milenial," kata Gaib.

Mengangkat kesadaran saat menggunakan transportasi umum, khususnya kereta Commuter Line, ILM tersebut mengajak Pendengar Trijaya untuk selalu memberikan kursi prioritas bagi ibu hamil, kaum lanjut usia, dan penyandang disabilitas.

Trijaya FM berhasil mengalahkan nominee kategori ILM yang berasal dari radio siaran swasta maupun lembaga penyiaran publik, yaitu: Bijak Bersosmed (Delta FM), Kami NKRI (RRI Gorontalo), Kurangi Kantong Plastik (Indika FM), dan Perdamaian (RRI Makassar). 

Selain itu, karya Trijaya FM juga masuk dalam nominasi Kategori Program Siaran Radio Peduli Perbatasan dan Daerah Tertinggal, serta Program Wisata Budaya Radio.

Dalam pembukaan penganugerahan, Ketua KPI Agung Suprio menyatakan Anugerah KPI 2019 merupakan wujud apresiasi bagi lembaga penyiaran, yang memberi tayangan berkualitas bagi masyarakat. "Anugerah KPI diharapkan mendorong lembaga penyiaran untuk menciptakan karya-karya terbaik," ujar Agung. 

Di Anugerah KPI 2019 ini, KPI menerima 185 tayangan televisi dan 130 siaran radio, yang tersebar dalam 16 kategori penghargaan yang diperlombakan. Dalam menilai ke 315 program siaran itu, KPI mengikutsertakan 21 orang juri dengan beragam latar belakang seperti, psikolog, sutradara dan kritikus film, praktisi perfilman, pengamat penyiaran, akademisi hingga anggota DPR RI. 

Mengusung tema Digitalisasi untuk Negeri, Anugerah KPI 2019 diberikan untuk lembaga penyiaran, baik televisi maupun radio, yang telah menghadirkan program-program siaran berkualitas dan edukatif pada masyarakat.

(*)