Peringatan Hari HAM Sedunia Ke-71 Dilangsungkan di Kota Bandung

• Tuesday, 10 Dec 2019 - 13:14 WIB

Bandung - Hari Hak Asasi Manusia dirayakan tiap tahun oleh banyak negara, termasuk Indonesia, di seluruh dunia setiap tanggal 10 Desember. Kegiatan Hari HAM sedunia ke-71 dilaksanakan di Bandung, Selasa (10/12/2019), dibuka oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, serta dihadiri sejumlah kepala daerah di seluruh İndonesia.

Pada kesempatan ini pula, Walikota Kendari H. Sulkarnain K. hadir dalam acara tersebut. Sulkarnain kepada MNCTrijaya.com mengatakan "Hari ini kita memperingati Hari HAM Sedunia, tentu kita semua berharap agar kehidupan bermasyarakat kita kedepan semakin egaliter dan berkeadilan, tentu semua harus berkontribusi secara aktif karena mewujudkan hal tersebut tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan pemerintah yang memiliki banyak keterbatasan. Tentu kami pemerintah Kota Kendari akan terus berkomitmen untuk memberikan usaha maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kota Kendari, terimakasih untuk dukungan dan partisipasi semua pihak, mari kita jaga Kendari yang kita cintai agar terus terjaga keharmonisannya sehingga kita dapat mewujudkan Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni."

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mencatat baru 271 dari 516 kabupaten/kota yang melaksanakan komitmennya dalam pemenuhan hak dasar masyarakat di wilayahnya. Artinya baru sekitar 60% kabupaten/kota yang sungguh-sungguh melaksanakan komitmen nilai-nilai HAM dalam pelayanannya. Pada kegiatan Hari HAM sedunia ini pula diberikan penghargaan bagi kepala daerah yang peduli pada Hak Asasi Manusia, salah satunya Kota Kendari. Penghargaan ini diharapkan mampu memotivasi dan menjadi pendorong pemenuhan hak dasar masyarakat. Khususnya hak dasar dalam bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan, anak-anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan.

Hak Asasi Manusia adalah hak dasar yang dimiliki setiap pribadi manusia sebagai anugerah tuhan yang dibawa sejak lahir. Tidak ada yang boleh merampas hak seseorang. Selamat Hari HAM Se Dunia. (Hengky)