Pertamina Disebut Sudah Stop Impor Avtur Sejak April 2019

• Thursday, 12 Dec 2019 - 17:19 WIB

 

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) terus mengurangi, bahkan stop mengimpor beberapa jenis bahan bakar minyak (BBM), termasuk avtur. Langkah itu didukung oleh kilang Pertamina yang telah mampu memproduksi jenis-jenis bahan bakar tersebut sesuai dengan kebutuhan domestik.

Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pada Maret 2019 Pertamina sudah tidak mengimpor diesel dan pada April lalu juga sudah tidak lagi mengimpor avtur.

"Malahan, bulan Juni Pertamina sudah ekspor avtur walaupun masih impor bensin. Tetapi persepsi yang ada di masyarakat bahwa Pertamina masih impor, harus dikoreksi," ujar Budi di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (12/12/2019).
 

Baca Juga:



Dia menambahkan, Pertamina juga terus membangun kilang-kilang minyak dalam rangka menekan impor. "Jadi untuk mengurangi impor Pertamina ditugaskan mempercepat pembangunan kilang. Sudah berhasil yang di Balikpapan itu sudah mulai dibangun," jelasnya

Dia menambahkan, saat ini Pertamina juga telah menyiapkan produksi biodiesel B30 yang merupakan visi dan misi dari Presiden Joko Widodo. Dalam hal ini, kata Budi, Pertamina telah menunjukkan kinerja yang positif dalam rangka menekan impor minyak dan gas.

(Sumber :Sindonews.com)