Keluarga Jokowi Maju Pilkada, Pengamat: Label Dinasti Politik Sulit Dihindari

Rakhmatullah • Monday, 16 Dec 2019 - 09:29 WIB

JAKARTA - Tiga anggota keluarga Presiden Jokowi menyatakan diri maju menjadi bakal calon kepala daerah pada 2020. Gibran Rakabuming Raka yang merupakan putra Sulung Jokowi maju pada Pilkada Kota Solo. Kemudian menantunya, Bobby Nasution, maju pada Pilkada Kota Medan. Lalu Inge Amelia Nasution yang diketahui kakak perempuan Bobby bakal maju pada Pilkada Bupati Simalungun.

Pengamat Komunikasi Politik asal UGM, Nyarwi Ahmad, menganggap, peluang ketiganya untuk mendapatkan rekomendasi partai sangat terbuka lebar. Bahkan, ketiga anggota keluarga Jokowi itu berpeluang menang dalam Pilkada 2020 nanti. "(Tapi) label dinasti politik jelas tak terhindarkan," kata Nyarwi saat dihubungi, Senin (16/12/2019).

Menurut Nyarwi, setiap warga negara, termasuk anak presiden dan menantu presiden punya hak yang sama untuk maju mencalonkan diri dalam sebuah kontestasi pemilu maupun Pilkada.


Namun menurutnya, ada persoalan etis di situ yang terkait dengan prinsip-prinsip demokrasi. Salah satu terkait dengan prinsip kesetaraan. "Status yang dimiliki keduanya menjadinya keduanya memiliki previledge yang berbeda dibandingkan dengan kandidat lainnya," tandasnya.

 

sumber: www.sindonews.com)