VW Ciptakan Teknologi Suara Mesin Buatan untuk Mobil Listrik

Riyandy Aristyo • Tuesday, 17 Dec 2019 - 11:14 WIB
Kebanyakan mobil listrik saat melaju lambat atau kencang tidak terdengar suaranya, sehingga bisa menimbulkan risiko kecelakaan. (Foto: Electrek)

BERLIN - Hampir semua kendaraan listrik tidak mengeluarkan suara saat dikendarai. Namun, tidak bagi Volkswagen (VW) ID.3 yang punya suara meraung seperti mobil konvensional.

Dikutip dari Electrek, Selasa (17/12/2019), suara yang dikeluarkan mobil tersebut ternyata bukan suara asli dari mesin listrik, melainkan teknologi suara buatan yang baru-baru ini dikenalkan VW di Future Sound, Berlin, Jerman.

Langkah yang diambil VW sangat masuk akal. Kebanyakan mobil listrik saat melaju lambat maupun kencang tidak terdengar suara. Masalah inilah yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Sistem Peringatan Akustik Kendaraan (AVAS), VW ID.3 bisa mengeluarkan suara seperti mobil bermesin bensin pada kecepatan 30 km/jam dan akan semakin keras jika mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Sistem ini akan terdengar di bagian dalam maupun luar kendaraan. Volume suara yang keluar, tergantung dari kecepatan dan posisi pedal akselerator.

"Suara mobil listrik menentukan karakteristiknya. Ini mungkin terdengar futuristik dan juga mengesankan dengan identitas yang unik," kata Kepala Pengembangan Mobil Penumpang Volkswagen, Frank Welsch.

Jika teknologi ini berhasil diterapkan, dapat menjadi solusi salah satu permasalahan kehadiran kendaraan listrik di dunia.