Bank DKI dan Pasar Jaya Mendirikan Taman Jajan JakOne di Thamrin 10

• Sunday, 22 Dec 2019 - 07:55 WIB

Jakarta - Bank DKI bersama Perumda Pasar Jaya mendirikan Taman Jajan JakOne di Thamrin 10, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Lokasi Taman Jajan JakOne ini, berada di samping Hotel Sari Pan Pacific.

Awalnya, Thamrin 10 merupakan lahan park and ride di tengah kota. Namun, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merencanakan untuk mengubah lahan tersebut menjadi sebuah taman jajan yang menampung pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan Pemprov DKI.

Keinginan Anies Baswedan terwujud. Taman Jajan JakOne di Thamrin 10 resmi dibuka, Sabtu (21/12/2019). Di lahan ini juga berdiri pohon Natal setinggi 10 meter yang disiapkan untuk menyemarakkan perayaan hari Natal yang sebentar lagi tiba.

Anies Baswesan sendiri terlihat dalam peresmian Taman Jajan JakOne. Ia nampak menikmati pemandangan di taman jajan tersebut. Bahkan, Anies  sempat membeli segelas minuman dengan menggunakan kartu JakCard edisi Taman Jajan JakOne yang dikeluarkan Bank DKI.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini, mengatakan, pengembangan kawasan kuliner di Thamrin 10 merupakan sinergi dua BUMD DKI. Untuk merealisasikan rencana Pemprov DKI mengembangkan usaha para pelaku UMKM.

"Pengembangan kawasan kuliner di Thamrin 10 ini mewujudkan sinergi antar dua BUMD DKI. Kita mendukung UMKM binaan Dinas KUMKMP DKI dan sistem pembayaran non tunai di taman jajan ini,” kata Herry Djufraini.

Herry menjelaskan, pengunjung Taman Jajan JakOne di Thamrin 10 dapat melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan JakCard, JakLingko, dan JakOne Mobile.

Kawasan Taman Jajan JakOne Thamrin 10 ini didirikan diatas lahan seluas 8.000 meter persegi (m2). Lahan yang tadinya kosong, kini telah disulap Perumda Pasar Jaya menjadi ruang kreatif dengan menggandeng para pelaku UMKM.

Sebanyak 54 tenant UKM yang ada di tempat ini, disiapkan untuk menjual berbagai makanan. Selain itu, akan ada 7 food truck untuk menambah pilihan kuliner yang tersedia.

"Akses ke lokasi yang berada di jalan utama Jalan MH Thamrin, menjadikan tempat ini menjadi tempat baru bagi masyarakat untuk berinteraksi,” ujar Herry Djufraini.

Ia mengharapkan Taman Jajan JakOne Thamrin 10 ini bisa menjadi sentra kuliner baru bagi warga DKI Jakarta, khususnya di Jakarta Pusat. Mengingat lokasinya yang strategis, ia pun berharap kawasan kuliner Thamrin 10 dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk pemasaran produk digital banking Bank DKI.

”Jika perkembangannya ramai, tak menutup kemungkinan dukungan pemberian penyaluran kredit kepada para pelaku UMKM yang ada di Kawasan Kuliner Thamrin 10," tegas Herry Djufraini. (Faz)