Mau Belanja Online Makin Hemat Lagi? Catat Tipsnya!

• Friday, 27 Dec 2019 - 21:19 WIB

Jakarta - Kalau dilihat-lihat lagi, berbagai toko online kini semakin kreatif  dalam memberikan penawaran kepada konsumennya. Apalagi, kalau Anda biasa belanja online, pasti tahu ada begitu banyak penawaran menarik yang biasanya diberikan oleh toko online. Maka dari itu, makin banyak juga orang yang belanja online, karena memang dirasa lebih menguntungkan. 

Sudah begitu, produk yang tersedia di toko online tidak terbatas, dengan produk yang sangat beragam. Jadi, rasanya semua barang, mulai dari barang super kecil seperti peniti sampai yang besar seperti mobil pun ada.

Belanja Online Menjadi Solusi Terbaik Masyarakat Modern

Sejak kehadiran teknologi, segala aspek kehidupan berjalan makin cepat, secepat yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Hingga kebiasaan belanja pun, ikut mengalami perubahan. Jika dahulu masyarakat biasa berbelanja di pasar atau supermarket, kini mereka lebih senang membeli barang di toko online.

Anda pun pasti setidaknya pernah belanja online sekali saja seumur hidup. Berdasarkan fenomena yang terjadi saat ini, terutama dalam bidang teknologi informasi, dan perkembangan internet yang begitu cepat, kehadiran toko online menjadi solusi belanja yang paling disukai. 

Belanja online bukan buat gaya-gayaan sama sekali. Justru, berbelanja di toko online merupakan solusi untuk mereka  yang disibukkan dengan aktivitas sehari-hari, seperti pekerjaan dan kegiatan lainnya.

Anda mungkin tidak punya cukup waktu untuk pergi ke supermarket, atau pasar, buat membeli barang yang dibutuhkan. Solusinya, belanja dari rumah saja. Lagipula, seperti yang telah disebutkan bahwa belanja online itu menguntungkan karena barangnya lengkap sekali. Anda bisa mendapatkan barang apa saja yang Anda cari. Anda bahkan tidak perlu keluar rumah sekalipun. Toko online menjadi solusi one-stop-shopping yang menyediakan apapun barang kebutuhan Anda sehari-hari. 

Keuntungan lainnya yang paling utama adalah potongan harga yang sangat menarik dari toko online.


Lebih Hemat dengan Berbelanja di Toko Online Terbaik

Rasanya, tidak ada toko online yang tak memberikan banyak diskon untuk pembelinya. Makanya, kalau berbelanja secara online, ada banyak keuntungan yang bisa Anda nikmati, terutama lebih hemat. Selain itu, seringkali ada layanan ongkos kirim dengan biaya gratis jika Anda melakukan pembelian dengan minimal nominal tertentu. Tentunya ini akan sangat menghemat pengeluaran belanja Anda. Kemudian, Anda juga dapat menikmati kelebihan lainnya seperti diskon dari membership, lalu reward program loyalty, dan masih banyak lagi.

Tips Belanja Online Lebih Murah dan Hemat

Anda yang sudah biasa belanja online tentu memahami kalau ada trik-trik memanfaatkan penawaran kesempatan dari toko tempat Anda berbelanja. Ini membuat Anda lebih mudah membeli barang yang diinginkan. 

Sebenarnya, belanja hemat tergantung pada pandai-pandainya Anda memanfaatkan diskon. Sebab, terkadang diskon dan penawarannya ada, namun kita saja yang tidak tahu, atau sedang tidak memantau toko online-nya. Untuk itu, mari simak trik belanja online lebih hemat berikut ini:

Menghindari Penawaran Harga yang Dinamis

Dynamic pricing atau harga yang dinamis berarti penawaran harga yang berbeda dari toko online. Adapun penyebab perbedaan tersebut yakni beda lokasi pembeli, kebiasaan belanja, hingga permintaan produknya. Jadi, biasanya toko online bisa mengetahui lokasi tempat Anda berada, dari informasi browser yang Anda gunakan. 

Ini juga menjadi salah satu faktor yang memudahkannya untuk memberikan harga yang tidak sama, antara satu pembeli dan lainnya. Meski begitu, hal ini bisa Anda siasati, kok.

Jadi, Anda dapat membersihkan riwayat browsing dan cookies Anda secara berkala. Anda juga perlu log out terlebih dahulu dari akun email dan media sosial. Selain itu, Anda juga dapat mengubah mode pencarian di website Anda menjadi incognito. Tindakan-tindakan ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan harga yang termurah, dari penawaran toko online tersebut. Sebab, toko online-nya tidak akan bisa membaca informasi yang lebih detail mengenai Anda. Ini karena semua informasi Anda dari riwayat browsing juga sudah dihapus.

Menggunakan Berbagai Kupon Belanja dengan Tepat

Trik yang ini memang membutuhkan perhitungan dengan lebih teliti, namun jika Anda tepat melakukannya pasti nanti Anda bisa belanja hemat banget. Jadi, biasanya, kan, Anda mendapatkan kupon setelah berbelanja beberapa kali. Toko-toko online juga seringkali membolehkan pembelinya menggunakan berbagai kupon yang berbeda tersebut. Di sinilah Anda perlu berhitung-hitung dengan lebih teliti. 

Jadi, misalnya Anda punya kupon promo 20%, dan satunya kupon Rp20.000. Jika Anda ingin belanjaan Anda lebih murah lagi, maka Anda bisa menggunakan kupon yang promo 20% terlebih dahulu. Ini akan mengurangi 20% dari total harga asli barang tersebut. Baru, setelah itu gunakan kupon diskon Rp20.000 yang Anda punya. Ini bakal memotong harga totalnya dalam nominal yang lebih banyak lagi. Artinya, Anda bisa jauh lebih hemat kalau menggunakan perhitungan ini untuk belanjaan Anda tersebut. Maka dari itu, dengan sedikit matematika belanja yang sederhana, Anda bisa menyelamatkan dompet Anda.

Memanfaatkan Program Reward

Banyak apps toko online yang memudahkan Anda untuk menikmati bonus spesial dengan melakukan aksi tertentu. Misalnya, Anda bisa menonton iklan video atau menyelesaikan survei, atau masih banyak lagi kegiatan lainnya yang diminta oleh apps toko online tersebut. Nanti, setelah Anda selesai melakukannya, Anda akan mendapatkan poin reward yang bisa ditukarkan produk tertentu di toko online-nya. Cara ini mudah, simpel dan Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan uang. Jadi, Anda tinggal melakukan apa yang diminta oleh apps tersebut.

Namun, apapun task yang harus Anda selesaikan, itu tergantung pada toko online tersebut. Selain itu, meski banyak yang menawarkan program ini, tetap saja tidak semuanya memiliki fitur seperti ini. Kalaupun Anda memiliki toko online langganan yang disuka, namun tidak ada program reward seperti ini, maka Anda bisa mencoba bergabung menjadi member-nya saja. Ini sangat mudah juga, dan biasanya malah gratis biayanya. Setelah jadi member, akan ada lebih banyak reward menguntungkan yang bisa Anda nikmati.

Mengoptimalkan Email untuk Belanja Online

Nah, melanjutkan poin sebelumnya, di mana Anda bisa menikmati keuntungan dengan mendaftar jadi member. Saat Anda sudah menjadi member, maka Anda bisa menikmati layanan mulai dari newsletter, kupon b8elanja hingga daftar promo untuk barang apa saja, terutama produk brand favorit Anda. Email merupakan salah satu cara sederhana terbaik untuk Anda yang ingin mendapatkan pemberitahuan terkini tentang promo, diskon dan penawaran menarik lainnya.

Tenang saja, Anda pun tidak perlu khawatir email akan akan dipenuhi spam dan junk. Ada bisa memanfaatkan layanan program atau app seperti misalnya Unroll.me untuk mengelola email dengan lebih baik. App tersebut akan membantu Anda untuk otomatis unsubscribe dari email junk, serta bisa mengelola penerimaan email dalam satu hari. 

Membandingkan Harga Dengan Sangat Cermat

Sebaiknya, Anda tidak terburu-buru membeli saat melihat ada harga yang kelihatannya murah. Sebab, terkadang Anda perlu lebih teliti sedikit lagi saja, untuk bisa mendapatkan barang yang harganya paling murah. Jadi, manfaatkan keuntungan belanja online dengan sebaik-baiknya. Mumpung Anda belanja di toko online, maka ini artinya Anda bisa dengan mudah mencari daftar harga barang yang akan dibeli. 

Dari sini, Anda akan diberikan alternatif pilihan barang beserta harga yang beragam. Coba luangkan waktu Anda sedikit lebih banyak, sehingga Anda bisa membeli barang yang diinginkan tersebut, dengan penawaran diskon paling besar.

Ada kalanya Anda sudah membeli suatu barang, dan setelah browsing lagi, ternyata ada produk yang sama dengan harga lebih murah, bahkan jauh dibandingkan dengan item yang telah Anda beli. Tentu saja ini membuat Anda kecewa sendiri, benar tidak? Tenang saja, ini wajar terjadi, kok. Maka dari itu, mulai sekarang Anda bisa coba lebih teliti dan cermat lagi. Bayangkan saja kalau Anda ke supermarket, Anda juga meluangkan waktu untuk meneliti satu per satu barang untuk mencari diskon, bukan? Sama saja dengan berbelanja di toko online. Anda juga perlu melakukannya, supaya bisa memperoleh barang yang dicari dengan harga termurah.

Dapatkan Lebih Banyak Kupon Belanja dengan Email Berbeda

Beberapa toko online menyediakan kupon belanja untuk sejumlah customer tertentu. Adapun yang dimaksud adalah, jika Anda mendaftar tentu saja yang tercatat adalah satu email yang Anda gunakan. Jadi, kuponnya juga hanya untuk satu email Anda tersebut. Nah, ini bisa Anda siasati dengan cara mendaftarkan lebih dari satu email, yang sebenarnya sama-sama milik Anda sendiri. Jadi, Anda berpeluang mendapatkan lebih banyak lagi kupon belanja. 

Sekarang, bayangkan kalau Anda mendaftarkan tiga email, lalu Anda mendapatkan kupon diskon 50%. Bakal jadi banyak banget, kan, diskonnya? Bisa jadi ada di antara Anda yang sudah melakukan trik ini, namun pasti ada juga yang belum mencobanya. Sekarang kesempatan Anda untuk mencoba cara ini. Nah, siapa yang tidak mau belanja online dengan harga paling murah pula? 

Kalau Anda mau mencoba trik-trik tadi, Anda bisa menikmati kemurahan belanja online semaksimalnya.