Ruko di Slipi Ambruk dan Lukai 3 Orang, Pakar Konstruksi: Sebaiknya Dirobohkan

• Monday, 6 Jan 2020 - 15:20 WIB

Jakarta - Sebuah gedung di kawasan Slipi, Jakarta roboh Senin pagi, (6/1/2020), hingga melukai 3 orang. Gedung bertingkat itu tepatnya berada di Jalan Letjen Katamso, Slipi, Kelurahan Kota Bambu Selatan, Kecamatan Palmerah, Jakarta.

Menanggapi hal tersebut Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia Davy Sukamta mengatakan, gedung tersebut harus segera dirobohkan seluruhnya. Hal tersebut dilakukan demi keselamatan masyarakat dan juga gedung-gedung yang ada di sebelahnya.

"Tergantung kondisi. Kalau terlihat seperti ini ya dirobohkan baiknya," ujarnya.

Untuk metode penghancuran itu, sebenarnya ada beberapa macam metode. Namun untuk kasus ini bisa dilakukan dengan cara dibongkar dari atas ke bawah.

"Dibongkar dari atas ke bawah. Bisa dengan orang dan palu saja kok," ucapnya.

Adapun tata cara untuk merobohkan gedung tersebut adalah pertama dengan memasang proteksi mengelilingi gedung. Setelah itu membongkar pelat-pelat beton yang ada di atas terlebih dahulu.

"Diberi proteksi keliling. Bongkar dari pelat-pelat beton atas. Lalu balok. baru kolom. Berurutan dari atas ke bawah," jelasnya.

Menurut Davy, meskipun dilakukan dengan orang sekalipun menurutnya akan aman. Karena ada pelat-pelat tipis yang melindungi. Selain itu, pembongkaran juga dilakukan secara bertahap.

"Kan ada ini. Pelat itu tipis. 12cm umumnya. Kalau pelat tidak ada tinggal balok tidak besar. Dibongkar per segmen. Kolom dibongkar satu per satu," jelasnya.