Kolaka Utara Siap Bangun Bandara, Dapat Dukungan Gubernur Sultra

• Tuesday, 7 Jan 2020 - 14:19 WIB

Lasusua - Rencana dan pelaksanaan pembangunan bandara di kabupaten Kolaka Utara disampaikan oleh Bupati Nur Rahman Umar dalam sambutannya pada perayaan HUT Kabupaten Kolaka Utara ke-16, Selasa (07/01/2020). 

"Program jangka pendek dan menengah pemkab Kolaka Utara adalah lebih fokus tentang perencanaan dan pelaksanaan pembangunan bandara, sekarang kami telah anggarkan untuk pembebasan lahan tahap pertama sebesar 14,5 milyar, dengan luas lokasi 30 hektar. Adapun kontur lokasi bandara berada pada posisi pesisir pantai di desa Lametuna dan Kalu-Kaluku kecamatan Kodeoha, hampir sama kontur di bandara Ngurah Rai Denpasar Bali dan Balikpapan," ungkapnya.

Bupati juga mengapresiasi gubernur Sultra Ali Mazi yang telah berkenan mengunjungi Kabupaten Kolaka Utara dalam rangka HUT Kabupaten Kolaka Utara.

Sementara itu gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengatakan "Perjalanan dari Kota Kendari menuju Kabupaten Kolaka Utara faktanya cukup melelahkan mencapai kurang lebih 8 jam, sehingga rencana Bupati Kolaka Utara untuk membangun Bandara di Kolaka Utara, saya atas nama Gubernur Sulawesi Tenggara dan masyarakat Sulawesi Tenggara pada prinsipnya  mendukung untuk segera dilaksanakan guna percepatan program dan kegiatan otonomi daerah di kabupate Kolaka seperti sektor pariwisata, pertambangan dan energi. Bahwa tanpa sarana prasarana Bandara yang permanen sudah pasti daerah tersebut perkembangannya sangat lamban dan kurang berdaya saing." (Hengky)