6 Cara Melindungi Smartphone Selama Musim Hujan

• Tuesday, 7 Jan 2020 - 16:05 WIB
Ilustrasi smartphone basah (Foto: Pixabay/ DariuszSankowski)

JAKARTA - Musim hujan sudah mulai datang. Saat musim hujan tiba, tidak ada salahnya untuk menyimpan smartphone Anda lebih baik lagi sehingga tak cepat rusak.

Supaya smartphone Anda aman selama musim hujan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Cara tersebut tidak begitu sulit untuk diikuti oleh pengguna smartphone. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Gunakan Waterproof Case
Anda harus mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam waterproof case untuk menyelamatkan smartphone dari basah kuyup. Waterproof case dirancang khusus untuk mencegah air masuk ke dalam ponsel melalui ports.

2. Gunakan Zip Lock Pouches
Jika Anda belum membeli waterproof case untuk smartphone, Anda bisa menggunakan kantong atau pouch ziplock. Ziplock adalah cara yang ideal untuk menyelamatkan smartphone dari kerusakan karena air tapi pastikan untuk mengunci kantong dengan hati-hati.

3. Gunakan Kantong Plastik
Jika Anda tidak mempunyai case atau zip lock pouch, coba bungkus smartphone menggunakan kantong plastik. Lebih baik menyimpan kantong plastik di dalam tas Anda setiap saat selama musim hujan.

4. Gunakan Bluetooth Headset
Menyentuh ponsel dengan tangan basah akan menjadi masalah. Anda bisa memakai Bluetooth headset untuk menggunakan ponsel tanpa harus menyentuhnya sama sekali. Anda bisa tetap menaruh smartphone di dalam tas dan gunakan Bluetooth headset untuk menjawab panggilan.

5. Selalu Bawa Handuk
Jika smartphone basah tanpa disengaja, Anda bisa menggunakan handuk untuk mengelap air. Anda juga bisa membungkus ponsel dengan handuk dan memasukkannya ke dalam tas untuk mengurangi risiko kerusakan air.

6. Jangan Mengisi Daya Smartphone
Jika Anda tidak yakin mengenai kerusakan air pada smartphone, Anda seharusnya sebaiknya jangan mengisi daya terlebih dulu. Mengisi daya ponsel dalam kondisi basah dapat merusak perangkat secara permanen.

 

Editor : Dini Listiyani

(Sumber : inews.id)