KPK OTT Bupati Sidoarjo Saifull Illah

• Wednesday, 8 Jan 2020 - 06:46 WIB

Sidoarjo - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan terhadap kepala daerah Kabupaten Sidoarjo H. SaifulIlah dan sejumlah pihak, Selasa malam (7/1/2020)

KPK juga membawa Kepala dinas Perizinan Terpadu satu pintu Ari Suryono, Ajudan Protokoler Kominfo Kab. Sidoarjo Budiman, dan satu ajudan Pribadi Novi di Kabupaten Sidoarjo.

Sebelum dibawa pergi dari Pendopo Sidoarjo, tiga orang itu sempat diminta masuk ke ruang kerja Bupati. Mereka dibawa dengan empat mobil sejenis minibus.

Operasi tangkap tangan diduga terkait pengadaan barang dan jasa. Termasuk barang bukti yang ditemukan dalam tangkap tangan.

Menurut Informasi dari bagian rumah tangga Pemkab Sidoarjo, sekitar pukul 19.00 WIB ditengarai ada aktivitas yang dilakukan aparat penegak hukum di sekitar Pendopo Kabupaten Sidoarjo, yang menyatu dengan Rumah Dinas dan Ruang Kerja Bupati Sidoarjo. Sebanyak empat mobil pada saat itu keluar  membawa empat orang dari dalam pendopo.

Diperkirakan aparat KPK dan polisi membawa 4 orang dalam OTT yang pertama di tahun 2020. Mereka dinaikan 4 kendaraan dan dibawa menuju Polda Jatim.

Sekitar pukul 22.00 WIB Pendopo Delta Wibawa juga terlihat disterilkan. Pintu gerbang yang biasanya terbuka kini ditutup. Tidak semua orang bisa masuk pendopo, termasuk para jurnalis. Satpol PP yang bertugas di Pendopo Delta Wibawa meminta untuk tidak memasuki joglo atau duduk di tempat depan pendopo.

Rencananya hari ini Rabu (8/1/ 2020), KPK akan menggelar konferensi pers terkait OTT yang terjadi di Sidoarjo. OTT ini juga merupakan yang pertama terjadi pada seorang kepala daerah di Jawa Timur tahun ini. (Hermawan)