Antisipasi Banjir Rob, Pemprov DKI Siagakan Pompa Mobile di Pesisir Jakarta

• Thursday, 9 Jan 2020 - 09:54 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/ Wildan Catra Mulia).

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiagakan sejumlah pompa mobile di wilayah Jakarta Utara. Pompa tersebut untuk mengantisipasi banjir rob atau naiknya permukaan air laut seperti yang diperkirakan Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika.

Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan mengatakan, fungsi pompa untuk menyedot limpahan air laut di pesisir Jakarta. Pompa tersebut di tempatkan di sejumlah titik yang dianggap rawan terdampak banjir rob.

"Akses pembangunan (pompa mobile) dengan dinas SDA sudah secara khusus menentukan titik-titik mana kita harus statusnya waspada," ujar Anies di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Menurutnya, ketinggian air laut di Jakarta Utara perlahan mulai terjadi. Persiapan yang telah dilakukan diharapakan mampu mengatasi limpahan air laut tersebut.

"Terkait ini kita menyiapkan antisipasi hujan dan antisipasi peningkatan air laut yang hari ini sesungguhnya sudah alami peningkatan," ucapnya.

BMKG memperkirakan, 2 hari ke depan intensitas hujan akan lebih tinggi mengguyur Jakarta. Masyarakat diingatkan untuk mewaspadai hujan lebat yang dapat menyebabkan ketinggian banjir rob cukup signifikan.

 

Editor : Kurnia Illahi

(Sumber : Inews.id)