Walikota Kendari Turut Berpartisipasi Dalam Green Cities Forum Penang Malaysia

• Monday, 13 Jan 2020 - 10:48 WIB

Penang - Sejumlah Walikota turut berpartisipasi pada "3rd Green Cities Forum: Sustainable Urban Development Framework (GCF): Sustainable Urban Development of Coastal Cities" pada 13-14 Januari 2020 di George Town, Penang-Malaysia. Salah satunya Walikota Kendari H. Sulkarnain K.

GCF diselenggarakan sejak tahun 2014 dan telah memberikan manfaat nyata bagi kota-kota yang berpartisipasi.

Kegiatan tersebut sangat penting sebagai bagian dari komitment Indonesia untuk Inisiatif Kota Hijau dalam kedua kerja sama sub regional. 

Walikota Kendari dalam pesan tertulisnya kepada mnctrijaya.com Senin (13/01/2020), mengatakan "Beruntung sekali bisa hadir di sebuah forum yang sangat bergengsi ini, tidak hanya karena penyelenggara dan pesertanya berskala internasional (diselenggarakan oleh Asian Development Bank/ADB dan dihadiri setidaknya perwakilan 9 negara), tapi forum ini juga membahas sebuah tema yang sangat aktual dan futuris, yakni tentang masa depan dunia, bagaimana menjaga kelestarian dunia dengan fokus mewujudkan green City,"

Salah satu tema yang paling mengemuka dalam forum ini adalah adalah tentang penanganan sampah. Karena disadari betul bahwa penanganan sampah di berbagai kota dan daerah harus mendapat perhatian, agar tidak menimbulkan masalah serius. 

Menurut Sulkarnain, banyak gagasan dan terobosan yang sudah dilakukan berbagai pihak, tidak hanya pemerintah tapi juga berbagai lembaga seperti NGO, khususnya stakeholder pemerhati lingkungan. Beberapa di antaranya sangat menarik, yakni konsep penanganan yang mendorong partisipasi publik. 

"Hal ini kami pandang menarik karena kompatibel degan kondisi Kota Kendari dan relatif tidak membutuhkan biaya yang besar dalam penerapannya, konsep ini merupakan breakdown dari konsep 3R yang sudah lama kita kenal (Reuse, Reduce, Recycle)

Konsep ini telah diterapkan di beberapa daerah khususnya Kinabalu Malaysia sebagai kota percontohan ADB dengan Visi Green City & Smart City. Insya Allah konsep ini akan kami adaptasi di Kota Kendari dengan beberapa penyesuaian utk kondisi kota Kendari", tutup Sulkarnain

Adapun sejumlah Walikota yang turut diundang pada kegiatan Green Cities Forum adalah, Walikota Banda Aceh, Walikota Batam, Walikota Kendari, Walikota Medan, Walikota Pontianak dan Walikota Tomohon. (Hengky)