Tarif Tol Japek Elevated II Dipatok di Kisaran Rp1.250 per Kilometer

• Monday, 13 Jan 2020 - 12:21 WIB
Keberadaan Tol Japek Elevated II membuat arus kendaraan di Tol Japek bawah lebih lancar. Foto: SINDOphoto/Dok

 

BEKASI - Tiga pekan beroperasi, Tol Jakarta–Cikampek (Japek) Elevated II hingga kini masih gratis. PT Jasa Marga (Persero) Tbk hingga kini masih mengggodok tarif tol layang sepanjang 36,4 kilometer itu.

”Belum ada keputusan penerapan tarif. Kami masih lakukan pembahasan. Nanti kami informasikan,” ujar Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, Minggu (12/12020).

Menurut Heru, besaran tarif akan disesuaikan antara yang di bawah dengan atas. Bahkan kemungkinan tarifnya akan lebih murah dibandingkan Tol Jakarta-Cikampek bawah. ”Ini supaya tercapai fungsi Japek Elevated, dalam rangka membagi atau mengurangi kapasitas di bawah yang selama ini sangat padat,” bebernya. 

Heru memperkirakan tarif jalan tol layang hanya sekitar 1.250 per kilometer, jika mengacu pada nilai investasi. Jika tarifnya beda atau lebih mahal di atas, dikhawatirkan pengguna jalan memilih menggunakan di bawah, sehingga kapasitas kendaraan di bawah tetap padat seperti biasanya.

Heru menyebutkan keberadaan Tol Japek Elevated II membuat arus kendaraan di Tol Japek bawah lebih lancar. Sebelumnya VC ratio (angka kepadatan lalu lintas) bisa di atas 1, sekarang VC Rationya dibawah 0,7, 0,8. ”Jadi VC Rationya bagus, karena terbagi dengan tol layang. Kemacetan di Japek saat ini sudah berkurang,” tegasnya.

Sementara itu, PT Jasa Marga Jalan layang Cikampek (JJC) kembali melanjutkan pekerjaan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Salah satunya pembangunan Emergency Access berupa tangga darurat di delapan titik yang dimulai pekan ini hingga ditargetkan selesai pada 31 Januari 2020.

Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono menyebutkan, akan ada delapan titik tangga darurat yang terpasang di area sekitar U-Turn Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (di tengah/median jalan tol,) yaitu Km 13 + 200, Km 17 + 200, Km 21 + 500, Km 24 + 800, Km 28 + 300, Km 31 + 900, Km 36 + 700, dan Km 38 + 600.

”Nantinya di delapan lokasi ini akan berlangsung tahapan pekerjaan pemasangan tangga darurat yang dimulai dari pembuatan pondasi, pembobokan parapet/barrier, erection struktur tangga darurat hingga pembuatan akses/tutupan tangga darurat,” katanya.

Untuk itu, pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi adanya pemasangan tangga darurat ini. Saat ini pihaknya sudah koordinasi dengan pihak terkait, seperti kepolisian untuk pengaturan lalu lintas. Untuk pekerjaan minor seperti pembobokan parapet/barrier akan dilaksanakan situasional, tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Sementara itu untuk pekerjaan erection struktur tangga darurat akan dilaksanakan di window time pukul 22.00 – 05.00 WIB. Untuk itu, PT JJC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat pekerjaan ini.

Diimbau kepada pengguna jalan yang melintasi lokasi tersebut agar dapat mengantisipasi perjalanannya, tetap berhati-hati, mentaati arahan petugas di lapangan, mematuhi rambu-rambu lalulintas yang ada, serta melakukan pembaharuan informasi lalu lintas. (thm)

( Sumber : Sindonews.com )