Waspada! Pergerakan Tanah Diprediksi Terjadi di 94 Kecamatan Wilayah Sumsel

• Monday, 13 Jan 2020 - 17:17 WIB

PALEMBANG - Wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berisiko mengalami pergerakan tanah selama bulan Januari 2020. Hal ini diungkapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui laman resminya, Senin (13/1/2020).

Sepanjang Januari 2020, PVMBG memprediksi ada 94 kecamatan di Sumsel yang berpotensi mengalami pergerakan tanah mulai dari level menengah hingga tinggi.

Pergerakan tanah diprediksi terjadi Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, Muara Enim, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, OKU, OKU Selatan, OKU Timur, Kota Pagaralam, dan Lubuklinggau.

"Di Kabupaten Empat Lawang, pergerakan tanah berpotensi terjadi di Kecamatan Lintang Kanan, Muara Pinang, Pasemah Air Keruh, Pendopo, Pendopo Barat, Saling, Sikap Dalam, Talang Padang, Tebing Tinggi dan Ulu Musi," begitu keterangan dari laman PVMBG.

Pergerakan tanah di Kabupaten Lahat akan terjadidi Kecamatan Gumay Ulu, Gumay Talang, Jarai, Kikim Barat, Kikim Selatan, Kikim Tengah, Kikim Timur, Kota Agung, Lahat, Merapi Barat, Merapi Selatan, Merapi Timur, Muara Payang, Mulak Ulu, Pagar Gunung, Pajar Bulan, Pseksu, Pulau Pinang, Sukamerindu, Tanjung Sakti Pumi, dan Tanjung Tebat.

"Selain itu di Kecamatan Barat Dua, Barat Satu, Selatan Dua, Selatan Satu, Timur Dua, Timur Satu, Utara Dua, Utara Satu di Kota Lubuk Linggau," imbuhnya.

Sementara itu, di wilayah Kabupaten Musi Rawas, pergerakan tanah berpotensi terjadi di Kecamatan Bulan Tengah Suku Ulu, Jayaloka, Karangjaya, Megang Sakti, Muara Lakitan, Selangit, Sukakarya, Suku Tengah Lakitan, Ulu Terawas, Sumber Harta, Tiang Pumpung Kepungut, Tuah Negeri, dan Tugu Mulyo.

Di Kabupaten OKU Selatan, pergeseran tanah bisa saja terjadi di Kecamatan Banding Agung, Buana Pemaca, Buay Pematang Ribu Ranau Tengah, Buay Rawan, Buay Runjung, Buay Sandang Aji, Kisam Ilir, Kisam Tinggi, Mekakau Ilir, Muara Dua, Pulau Beringin, Runjung Agung, Simpang, Sindang Danau, Sungai Are, Tiga Dihaji, dan Warkuk Ranau Selatan.

Tak hanya itu, risiko pergerakan tanah juga berpeluang terjadi di Kabupaten Muara Enim seperti di Kecamatan Lawang Kidul, Lubai Ulu, Semende Darat Tengah, Semende Darat Ulu, Semende Darat Laut, Tanjung Agung, dan Ujan Mas.

"Di Kabupaten Ogan Komering Ulu diprediksi terjadi di Kecamatan Baturaja Barat, Lengkiti, Lubukbatang, Muara Jaya, Pengadonan, Semidang Aji, Sosoh Buay Rayap, dan Ulu Ogan," imbuhnya.

Kemudian di Kabupaten OKU berpotensi terjadi di Kecamatan Bunga Mayang dan Jayapura Timur. Sementara di Kabupaten Muratara terjadi di Kecamatan Karangjaya dan Ulu Rawas.

"Kabupaten Pagaralam diprediksi terjadi di Dempo Selatan, Dempo Tengah, Dempo Utara, Pagaralam Selatan dan Pagaralam Utara," tulisnya.

 

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

( Sumber : Inews.id )