Ini Penyebab Jalan Berasap di Bandung

• Tuesday, 14 Jan 2020 - 15:59 WIB
(Foto: Okezone.com/CDB Yudistira)

BANDUNG - Kepulan Asap tiba-tiba keluar dari dasar aspal di jalan Cipaganti, tepatnya di bawah flyover Pasupati, Kota Bandung. Kejadian ini sontak viral setelah warga di lokasi merekam, dan mengunggahnya di media sosial.

Kabid Pemadam Kebakaran Kota Bandung A. Kurnia mengatakan, pihaknya langsung meluncur ke lokasi setelah menerima laporan. Dia menyebutkan kejadian itu sekira pukul 12.00 WIB, Senin 13 Januari 2020.

Dugaan awal munculnya asap dari dasar aspal karena ada kabel di bawah tanah terbakar. Petugas pun sempat melakukan penyisiran di lokasi kejadian. "Sempat dilakukan penyisiran namun tidak mendapati adanya kebakaran kabel dari dalam tanah," ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana Teknis (Plt) Pemeliharaan Jalan dan Saluran Drainase UPT Cibeunying Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bandung, Asep Suryana memastikan, tidak terdapat kabel dan pipa di lokasi setelah dilakukan pengeboran. Setelah dicek lagi, penyebab munculnya asap karena cat yang menguap.

"Ternyata, sudah dikonfirmasi lapisan cat open itu menguap. Jadi aspal kan kalau kepanasan naik ke atas dan menguap sedangkan karet ini (cat) kalau ada tekanan, aspal dari bawah ada tekanan kena karet maka menimbulkan asap," ucap Asep saat dikonfirmasi di waktu yang sama.

Untuk mencegah kejadian serupa, pihaknya akan melakukan hotmik terutama di ruas jalan yang mengeluarkan kepulan asap. Menurut dia, pengerjaan hotmik akan selesai pada hari ini.

"Sekarang sudah beres saya ditambah lagi sama hotmik nanti sama PU. Diganti aja atasannya sama hotmik. Yang dicat hitam saja yang diganti sama hotmik," ucapnya. (qlh)

( Sumber : iNews.id )