Viral, Aksi Kades di Probolinggo Selamatkan Warga yang Terjebak Luapan Air Sungai

• Thursday, 16 Jan 2020 - 10:23 WIB
(Foto: iNews/)

PROBOLINGGO - Aksi heroik seorang kepala desa (kades) di Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) selamatkan warga yang terjebak luapan air sungai viral di media sosial. Dengan menggunakan baju pelampung, tali dan ban dalam, kepala desa berusaha menyelamatkan warga hingga akhirnya berhasil dievakuasi.

Aksi heroik Kades Gading Wetan, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Supriyono, ini direkam oleh warga saat air sungai meluap tahun 2016. Dalam video berdurasi delapan menit ini, Supriyono menerjang aliran arus air sungai yang sangat deras bermodalkan pelampung, ban bekas dan tali.

Kini, video tersebut sudah dibagikan lebih dari 970 di media sosial Facebook dan YouTube.

Supriyono tidak menyangka aksinya direkam warga. Dia mengaku saat itu hanya terpikir bagaimana cara untuk bisa menyelamatkan warga yang terjebak banjir. Baginya, sudah sudah kewajiban kepala desa menyelamatkan masyarakatnya.

“Bagaimanapun caranya biar warga saya selamat,” katanya, Rabu (15/1/2020).

Supriyono menceritakan, saat itu, Pak Sun (54) warga Desa Gading Wetan terjebak di lahan yang berada di tengah Sungai Pandan Laras. Pria paruh baya yang sedang mencari rumput di lahan tersebut sudah terjebak selama tiga jam dan tidak bisa pulang.

Lokasi desa jauh dan sarana dan prasarana, sementara tidak ada warga yang berani menolong karena saat itu air sungai meluap. Akhirnya kepala desa memberanikan diri menolongnya.

Selang satu jam, warga tersebut berhasil diselamatkan. Meski kejadian tersebut sudah lama, namun baru beberapa hari ini video tersebut diposting oleh warga dan viral di media sosial.

 

Editor : Umaya Khusniah

( Sumber : iNews.id )