Ritual Khusus Anthony Ginting Jelang Pertandingan

• Thursday, 16 Jan 2020 - 11:09 WIB
Foto/Badminton Indonesia

JAKARTA - Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting punya ritual khusus yang dilakukan sebelum pertandingan bulu tangkis di Turnamen BWF.

Seperti yang dilakukannya saat menjelang melawan pemain India, Parupalli Kashyap di babak pertama, Rabu (15/1).

Selain menonton pertandingan calon lawannya, Anthony juga punya kebiasaan mencatat semua kelebihan dan kekurangan calon lawannya tersebut.
Sebenarnya bukan hanya menjadi ritual Anthony saja, tapi juga tim tunggal putra pelatnas lainnya seperti Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito.

Ritual khusus itu selalu ditekankan oleh Kepala Pelatih Tunggal Putra PP PBSI Hendry Saputra yang sedari awal memberi arahan mengenai hal ini.

"Memang awalnya semua pemain tunggal putra diminta melakukan kebiasaan mencatat ini sama koh Hendry. Sampai sekarang saya masih melakukan ini," ujar Anthony dikutip dari Badmintonindonesia.org.

"Biasanya sebelum tanding, saya nonton video pertandingan lawan sambil dicatat apa saja kelebihan dan kekurangan dia. Memang sih pasti sudah tahu kebiasaan lawan kalau sudah pernah ketemu, tapi dengan dicatat jadi lebih 'nempel di kepala'. Kadang di lapangan kalau lagi capek dan blank, bisa diingat lagi," ujar Anthony.

Anthony melewati babak pertama dengan mengalahkan Parupalli dalam dua game dengan skor 21-14, 21-12. Sempat tertinggal di awal game pertama, Anthony kian mantap di game kedua, ia unggul jauh dari Parupalli.

"Tadi di awal sampai interval saya sempat ketinggalan. Dengan kondisi lapangan yang berangin, saya harus bisa mengeluarkan stroke yang pas. Biasanya dengan pukulan yang sama itu masuk, tapi tadi out. Makanya harus betul-betul antisipasi kondisi lapangan," jelas Anthony.



(boy)

( Sumber : Sindonews.com )