Soal Kasus Doping, Manajer Aprilia Yakin Iannone Tak Bersalah

• Thursday, 16 Jan 2020 - 12:08 WIB
(Foto: Laman resmi MotoGP)

NOALE – Manajer Tim Aprilia Gresini, Fausto Gresini, mengomentari kasus doping yang tengah menyeret salah satu pembalapnya, yakni Andrea Iannone. Ia percaya Iannone tak bersalah dalam kasus ini karena sang pembalap dinilai menunjukkan iktikad yang baik saat menjalani tes doping di MotoGP Malaysia 2019.

Gresini menceritakan bahwa Iannone tak menunjukkan gelagat yang aneh saat diminta untuk menjalani tes doping yang digelar usai balapan di MotoGP Malaysia 2019. Pembalap asal Italia itu langsung mendatangi tempat tes.

Kondisi tersebut dinilai Gresini menunjukkan bahwa Iannone tak menyembunyikan sesuatu dalam dirinya. The Maniac Joe –julukan Iannone– tidak menunjukkan sikap seperti orang bersalah karena menggunakan doping.

Karena itu, Gresini pun mengaku kaget saat hasil tes doping Iannone menunjukkan dirinya positif menggunakan zat terlarang. Meski hasil menunjukkan hal tersebut, ia tetap percaya bahwa Iannone tak bersalah. Sejauh ini, muncul pula dugaan yang menyebut Iannone terpapar kontaminasi makanan sehingga zat terlarang ditemukan pada urinenya.

"Ketika saya mengetahui hasil tes Andrea (Iannone) positif, saya terkejut. Saya memiliki kesempatan untuk berbicara dengannya dan saya percaya pada iktikad baiknya, dia tidak melakukan kesalahan,” ujar Iannone, sebagaimana dikutip dari Paddock GP, Kamis (16/1/2020).

“Di Sepang, ia langsung pergi melakukan tes dan bukan perilaku seseorang yang menyembunyikan sesuatu. Dalam balapan ini, pembalap kehilangan banyak cairan, dan itu mungkin memiliki pengaruh. Hasil tes menunjukkan ada kandungan yang melebihi batas, tetapi tidak banyak,” tukasnya.

(fmh)

( Sumber : Okezone.com )