Profil Teja Paku Alam, Kiper Baru Persib Bandung

• Thursday, 16 Jan 2020 - 13:54 WIB
(Foto: Persib.co.id)

BANDUNG - Persib Bandung resmi mendatangkan Teja Paku Alam sebagai rekrutan anyar untuk Liga 1 2020, Kamis (16/1/2020). Teja datang ke Persib setelah kontraknya dengan Semen Padang berakhir.

Keberadaan Teja membuat pilihan di sektor kiper Maung Bandung kian besar. Dia akan bersaing dengan I Made Wirawan, M. Natshir, Dhika Bhayangkara dan Aqil Savik.

Meski begitu, peluang Teja jadi kiper utama Persib cukup besar. Pasalnya, Natshir saat ini masih dibekap cedera, sedangkan I Made Wirawan sudah semakin uzur. Sementara itu, Dhika dan Aqil masih minim jam terbang.

Di Liga 1 2019, Teja menjadi andalan Semen Padang. Dia beberapa kali melakukan penyelamatan cemerlang dan membukukan lima clean-sheet. Sayangnya, hal itu tak cukup untuk mempertahankan Kabau Sirah di Liga 1. Meski begitu, dia disebut sebagai salah satu kiper muda berbakat di Tanah Air.

Kemampuan Teja di mistar gawang sudah tampak ketika masih menimba ilmu di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Barat sejak 2009. Dia lalu terpilih untuk bergabung dengan Sociedad Anonima Deportiva Indonesia pada 2011, yang berlatih di Uruguay.

Setahun kemudian, pemain berusia 25 tahun itu bergabung dengan tim Sriwijaya FC U-21. Performa yang impresif membuat Teja promosi ke tim utama Laskar Wong Kito pada 2013.

Penampilan kiper bertinggi 177 cm itu bersama Sriwijaya FC pun mengundang decak kagum. Dia lalu dipanggil untuk membela Timnas Indonesia, dan membawa Tim Garuda menjadi runner-up Piala AFF 2016.

Setelah menjalani 77 laga bersama Sriwijaya FC, Teja akhirnya memutuskan pindah ke klub lain pada 2018, setelah gagal menyelamatkan klubnya dari degradasi. Dia lalu membela Semen Padang FC pada Liga 1 2019, yang sayangnya kembali gagal bertahan di kompetisi tertinggi Indonesia itu di akhir musim.

Tetapi, performa apiknya membuat Persib tertarik untuk memilikinya. Bagi Teja, tim Ibu Kota Jawa Barat itu menjadi klub di luar Sumatera pertama yang diperkuatnya. Dia pun bertekad membuktikan kualitasnya bersama Persib.

 

Editor : Haryo Jati Waseso

( Sumber : iNews.id )