Pemadam Kebakaran Selamatkan 'Pohon Dinasaurus' dari Kebakaran Hutan Australia

• Thursday, 16 Jan 2020 - 14:31 WIB
(Foto/Reuters)

SYDNEY – Sebuah operasi rahasia dijalankan petugas pemadam kebakaran untuk menyelamatkan wollemi pines atau pinus wollemia, yakni tumbuhan pra-sejarah yang dikenal sebagai "pohon dinosaurus" dari kebakaran hutan Australia.

Kurang dari 200 pinus wollemia berada di alam liar, dan tersembunyi di situs Warisan Dunia Blue Mountains di barat laut Sydney. Situs itu juga terdampak kebakaran hutan yang telah melanda Australia sejak September 2019.

Para petugas pemadam kebakaran menjalankan operasi dengan menjatuhkan cairan penghambat api di sekitar “pohon dinasurus”. Sementara petugas di darat membuat sistem irigasi untuk memberikan kelembaban bagi hutan.

Matt Kean, menteri lingkungan hidup untuk Negara Bagian New South Wales, menyebut operasi rahasia itu sebagai misi perlindungan lingkungan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

“Beberapa pohon hangus oleh api, [tapi] hutan pinus itu diselamatkan dari kebakaran,” katanya dalam sebuah pernyataan melansir AFP, Kamis (16/1/2020).

Pohon-pohon pinus wollemia dalam catatan fosil berusia lebih dari 200 juta tahun. Jenis pohon ini sebelumnya dianggap punah sampai hutan Wollemi ditemukan pada tahun 1994.

Lokasi hutan wollemia tetap menjadi rahasia dan dijaga ketat untuk melindungi pohon dari kontaminasi pengunjung.

"Kunjungan ilegal tetap menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup pinus wollemia di alam liar karena risiko terinjak-injak dan terkena penyakit yang dapat menghancurkan populasi [pohon tersebut]," kata Kean.

Pohon-pohon pinus wollemia telah dibudidayakan dan didistribusikan ke kebun botani di seluruh dunia untuk melestarikan spesies tersebut, namun hutan wollemia adalah satu-satunya habitat liar pinus wollemia.

Kebakaran hutan Australia sejak Oktober merenggut 28 nyawa, menghancurkan lebih dari 2.000 rumah dan membakar 10 juta hektare lahan.

Sekitar satu miliar hewan mungkin telah mati dalam kebakaran yang telah mendorong banyak spesies mendekati kepunahan, menurut organisasi lingkungan.

(fzy)

( Sumber : Okezone.com )