Puluhan Titik Tanggul di Bekasi yang Rusak Akibat Banjir Mulai Direvitalisasi

• Friday, 17 Jan 2020 - 16:20 WIB
Foto Ilustrasi Okezone

BEKASI - Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi masih merevitalisasi 89 titik tanggul yang rusak akibat banjir. Kepala DBMSDA Kota Bekasi, Arief Maulana mengatakan, revitalisasi tanggul tersebut akan dibantu oleh 50 tim ahli dari Kementerian PUPR, dengan melakukan perbaikan sementara di daerah tanggul Kali Bekasi.

"Meski perbaikan sementara, namun tetap punya kekuatan yang sama dengan tanggul permanen. Ini dilakukan karena sudah mendesak mengingat banyaknya titik tanggul yang rusak," kata Arief kepada wartawan, Jumat (17/1/2020).

Menurutnya, kerusakan tanggul itu yang menyebabkan banjir besar melanda permukiman warga bahkan di sejumlah titik seperti wilayah Kartini, Bekasi Timur, dan Perumahan Pondok Mitra Lestari Jatiasih. Tanggul-tanggul yang ada di sekitar itu jebol.

DBMSDA Kota Bekasi, kata dia, saat ini terus menginventarisasi kerusakan infrastruktur yang ada di Kota Bekasi. Koordinasi lintas wilayah pun sudah dilakukan mengingat Kali Bekasi merupakan aliran pertemuan dua sungai yang masing-masing hulunya ada di Kabupaten Bogor.

"Dinding tersebut tidak maksimal dan harus ditinggikan minimal semeter lagi," sambungnya.

Kata dia, peninggian tanggul dilakukan agar saat banjir daya tampung dinding tersebut tidak sampai melimpah ke rumah warga, sehingga dapat meminimalisasi korban banjir. (wal)

( Sumber : Okezone.com )