Pemprov Jatim Siapkan ASN "Cettar"

• Monday, 20 Jan 2020 - 12:52 WIB

Surabaya - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur (BPSDM) bersiap melakukan pembinaan CPNS baru hasil rekrutmen 2019. Aries Agung Paewai, Kepala BPSDM Jatim menyampaikan, 1.817 CPNS untuk Jatim nanti akan mengikuti pendidikan dasar selama 3 bulan. Dalam proses tersebut para calon aparatur pemerintah akan dididik berbagai hal, khususnya pelayanan kepada masyarakat.

"Menjadi ASN itu tidak mudah, karena kita harus bisa memahami dan mengerti apa yang diharapkan oleh masyarakat," ujar pejabat asal Sulawesi tersebut.

Aries Agung juga menyampaikan, ASN sekarang berbeda dengan yang dulu. Khususnya ASN di Pemprov Jatim harus CETTAR, yaitu Cepat, Efektif, Tanggap, Transparan dan Responsif dalam melayani berbagai kebutuhan masyarakat.

"Saat ini tidak ada lagi aparatur sipil negara di Pemprov Jatim yang santai. Mereka harus bisa bekerja maksimal dengan semangat CETTAR seperti yang disampaikan oleh Gubernur Jatim Ibu Khofifah," lanjut  Mas Aries, sapaan akrab Aries Agung di kalangan media.

Untuk 2019 Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendapatkan kuota 1.817 ASN baru hasil rekrutmen 2019. Mereka akan ditempatkan di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, teknik maupun bidang sosial.

Menyinggung tentang isu radikalisme di kalangan ASN, Aries Agung menyatakan bahwa hal tersebut juga menjadi fokus perhatian Pemprov Jatim. Karenanya dalam pendidikan dasar bagi ASN baru nanti, hal utama yang harus ditekankan adalah nasionalisme dan semangat patriotik. Selain itu juga kejujuran dan integritas dan profesionalisme dalam pelayanan.

"Isu radikalisme di ASN menjadi bagian penting dari proses pendidikan ASN baru. Sebagai ASN harus cinta tanah air dan mempunyai semangat berjuang karena mereka adalah abdi negara. Selain itu, ASN baru juga harus mulai ditanamkan sifat akan kejujuran dalam pengabdian, menpunyai integritas dan profesionalisme," pungkas Aries. (Hermawan)