Fotografer Koran SINDO Makassar Juarai Lomba Loyalis Kemanusiaan 2019 ACT

• Wednesday, 22 Jan 2020 - 19:48 WIB
Fotografer Koran SINDO Makassar, Maman Sukirman.

MAKASSAR - Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengumumkan pemenang Lomba Karya Jurnalistik (Loyalis) Kemanusiaan Tahun 2019. Salah satu pemenangnya adalah Maman Sukirman, fotografer Koran SINDO Makassar.

Maman menjadi pemenang kedua di kategori foto dengan judul "Senyum dan Tawa Pengungsi  Gempa Palu di Huntara". Sementara juara pertama disabet Ahmad Antoni dari SINDO Jateng dengan judul "Kaum Difabel Mengikuti Kegiatan Syukuran Qurban di Masjid Jami, Jatisari, Mijen, Semarang, Jawa Tengah".

Direktur Komunikasi ACT, Lukman Azis mengatakan, lomba tersebut digelar sebagai bentuk apresiasi ACT agar para insan media semakin kuat meningkatkan publikasi isu-isu kemanusiaan dan pengentasan kemiskinan.

"Lomba bagi jurnalis ini sudah berjalan sesungguhnya sejak 6 Desember 2018 dan berakhir di akhir tahun 2019," ujar Lukman dalam rilis yang diterima SINDOnews.

Lewat lomba ini, kata Lukman, ACT mengajak para jurnalis untuk memperkuat jiwa kerelawanan dan kepedulian kepada nasib sesama manusia yang masih mengalami penderitaan akibat bencana alam, konflik, dan kemiskinan.

“Lomba ini bukan semata-mata ingin bagi-bagi hadiah. Lebih dari itu, ini bagian dari apresiasi lembaga terhadap kerja-kerja para jurnalis di bidang publikasi kemanusiaan,” pungkas Lukman.

Adapun para juara terbagi dari beberapa kategori media yaitu kategori media online, media cetak, dan media TV. Setiap kategori media ini, diambil juara pertama hingga ketiga di setiap kategorinya.

Pemenang ditetapkan dari 122 karya yang masuk dan dinilai oleh dewan juri yang ahli di bidangnya. Melalui pengumuman ini, ACT sampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut serta.



(man)

(Sumber : Sindonews.com)