Alumni BBRSPDF Prof. Dr. Soeharso Surakarta Unggul di Dunia Kerja dan Pentas Olahraga

• Sunday, 26 Jan 2020 - 22:18 WIB

JAKARTA - Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Dr. Soeharso Surakarta, meneguhkan diri sebagai pusat unggulan Kementerian Sosial. Alumni dari balai ini, dikenal sangat terampil sehingga diminati berbagai perusahaan. Mereka juga tangguh di pentas olahraga.

 

Menteri Sosial Juliari P Batubara menilai, pengelolaan balai ini sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo yang akan membentuk SDM. unggul.  "Saya berjanji akan mengembang balai ini ke depan,"  kata Mensos Juliari.

 

Merujuk pada catatan yang ada, para penerima manfaat (PM) yang menerima pembinaan di balai ini, sudah menorehkan prestasi panjang. Di sektor dunia kerja, alumni balai ini sangat diminati berbagai perusahaan.

 

"Pada periode 2015-2019, sebanyak 155 orang alumni diterima bekerja di 35 perusahaan yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta,"  kata Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Edi Suharto di Jakarta, Minggu (26/01/2020).

 

Kemudian di bidang olahraga, alumni dari balai ini juga sanggup memberikan peran berarti pada ajang Asian Para Games 2018 di Jakarta. Sebanyak 51 orang atlet yang tersebar pada 13 cabang olahraga merupakan alumni BBRSPDF Prof. Dr. Soeharso. Angka ini merujuk pada data  pengurus pusat dan pelatih cabang olahraga National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Pusat.

 

Dari cacatan prestasi di atas, BBRSPDF Prof. Dr. Soeharso mampu mentransformasikan Pemerlu Pelayanan Kesejahteaan Sosial (PPKS) tidak sekedar mampu bersosialisasi, berinteraksi, dan menunjukkan perannya dalam masyarakat,, namun mereka juga mampu berbicara banyak dalam bidang dunia kerja dan olahraga.

 

Sepanjang 2019 BBRSPDF  Prof. Dr. Soeharso  telah melakukan pelayanan kepada 920 PPKS disabilittas fisik dengan layanan rehabilitasi sosial sesuai progres 5.0 New Platform antara lain terapi fisik, terapi mental spiritual, terapi psikososial, terapi penghidupan, pemberian _cash transfer_ , pemberian alat bantu mobilitas, serta _family support_ .

 

Untuk mendukung layanan tersebut, telah dilakukan kerja sama dengan pemerintah daerah dan pada tahun 2017 kerja sama dengan pemerintah Korea Selatan.Sebagai unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial yang bertanggung jawab langsung pada Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, BBRSPDF  Prof. Dr. Soeharso memiliki tugas dan fungsi pokok melakukan rehabilitasi sosial tingkat lanjut yang meningkatkan kapabilitas dan tanggung jawab sosial bagi PPKS disabilitas fisik dengan jangkauan wilayah seluruh Indonesia.

 

Dalam kunjungannya ke balai ini, Kamis (23/01/2020), Mensos Juliari berkesempatan berinteraksi dengan PPKS dan melihat langsung mencoba fasilitas dan layanan di BBRSPDF Prof. Dr. Soeharso.

 

Mensos bahkan bersemangat bermain tenis meja bersama atlet yang merupakan alumni BBRSPDF Prof. Dr. Soeharso. Mensos berpesan agar para penerima manfaat tidak boleh patah semangat, dan tidak boleh putus asa.

 

“Menjaga semangat merupakan bentuk terima kasih kalian pada orangtua yang membesarkan teman-teman. Saya berjanji pelayanan di balai ini akan ditingkatkan sesuai visi Presiden Jokowi yaitu membentuk SDM unggul untuk Indonesia maju,” kata Mensos Juliari. (ANP)