Menko Luhut : MotoGP 2021 Mandalika Akan Menggaungkan Lagi Pariwisata Indonesia

• Wednesday, 29 Jan 2020 - 22:01 WIB

Jakarta - Dengan digelarnya ajang balap motor bergengsi MotoGP, yang rencananya akan dilangsungkan pada tahun 2021 mendatang di Mandalika, NTB. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengatakan, akan semakin menggaungkan pariwisata Indonesia di mata dunia.
   
“Dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan, maka kita dorong betul untuk pembangunan sirkuitnya, dan ini adalah sirkuit standar internasional. Persiapannya saya dengar sudah sangat bagus, dan memang ini adalah yang pertama di dunia, gelaran MotoGP di pinggir pantai. Dengan adanya ini akan lebih menggaungkan pariwisata Indonesia di dunia,” ujar Menko Luhut saat diwawancarai awak media, usai mengadakan pertemuan dengan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC/BUMN pengembang kawasan pariwisata The Mandalika), Abdulbar M. Mansoer. Di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Rabu (29/01/2020).

Menko Luhut menjelaskan, berdasarkan laporan Dirut ITDC, progres persiapan MotoGP 2021 dinilai sangat baik dan terus menunjukkan peningkatan. Menko Luhut juga memberikan arahan kepada pihak ITDC, agar segala pekerjaan dapat dilakukan secara mendetail dan berstandar internasional.
 
“Progressnya sudah sekitar 40 persen, sudah ada jalan langsung dari Airport ke Mandalika, infrastruktur jalan saya kira juga sudah lebih dari 40 persen. Presiden sudah pergi kesana pada bulan Mei tahun lalu untuk melihat persiapan itu, sekarang progressnya sudah mulai terlihat. Rencana pada bulan Maret atau April ini saya akan berkunjung kesana, karena pada bulan Oktober ini akan diselesaikan," jelasnya.
 
Sementara untuk sarana penginapan, Menko Luhut mengatakan bahwa hal tersebut bisa dicukupi, bahkan sekarang sedang under construction salah satu hotel bintang lima terkemuka.
 
Kemudian untuk pemesanan tiket, ITDC mengaku sudah membuat website resmi untuk pre-booking tiket, diketahui telah ada 3000 orang yang memesan, dari total 10000 orang. 

“Untuk tiket baru kita buka tanggal 20 Januari kemarin, sudah 3000 dan sebentar lagi sudah habis, tapi itu tiket pre-booking, nanti sisanya kita beli waktu balapan dimulai. Kita menunggu dari Dorna (pengelola MotoGP) juga, nanti pengumuman Agustus 2020. Harga tiket akan kita sesuaikan dengan kemampuan masyarakat. Yang jelas masyarakat juga akan diberikan hiburan yang luar biasa”. ujar Abdulbar. 

Menurutnya, sirkuit Mandalika mempunyai desain yang luar biasa dengan latar belakang perbukitan dan pantai yang indah, sirkuit tersebut juga akan menyediakan ruang bagi masyarakat yang ingin menyaksikan langsung MotoGP dari perbukitan yang ada di sekitar sirkuit. Harga tiket yang dikenakan pun dijamin tidak mahal dan masih terjangkau oleh masyarakat. Keputusan mengenai tiket juga masih menunggu pengumuman oleh Dorna pada bulan Agustus mendatang. (ANP)