Pipanisasi Air Bersih Sepanjang 1 Kilometer Akan Dibangun di Desa Ciladaeun Lebak

• Thursday, 6 Feb 2020 - 10:49 WIB

Lebak - Human Initiative membangun pipanisasi air bersih sepanjang 1 Kilometer di RT 006/RW 02, Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa, (04/02). Kampung Muhara, Desa Ciladaeun merupakan salah satu Kampung yang terisolir akibat banjir bandang dan longsor yang terjadi pada Rabu (1/1) selama hampir dua pekan.

 “Kita berhasil masuk ke Desa Ciladaeun ini pada hari ke-13 karena kondisi wilayah yang lumayan terjal, perbukitan, sulit diakses akibat tanah longsor yang menutupi jalan raya,”  kata salah satu tim rescue Human Initiative, Subur Rojinawi.

Setelah melakukan berbagai upaya, berkordinasi dengan relawan setempat, mengajak warga turut membersihkan puing tanah longsor dari jalan raya, akhirnya tim berhasil masuk ke kampung tersebut. Subur Rojinawi bersama para relawan bergegas memberi bantuan berupa paket makanan, sekaligus mengkaji kebutuhan warga. Diantara  kebutuhan yang berhasil didapat yakni hunian sementara dan air bersih untuk minum dan mandi.

Ketua RT 006/RW 02, Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Anwar, mengucapkan terima kasih atas bantuan ini. “Apa yang warga kami butuhkan saat ini adalah air bersih untuk minum dan mandi yang akan menjangkau 62 KK atau sekitar 480 jiwa yang membutuhkan. Sebab titik sumber air bersih berada lumayan jauh dari pemukiman warga, yakni sekitar 1 kilometer,” ujarnya

Untuk memastikan hal tersebut, tim Human Initiative bersama Anwar dan warga turut mengecek titik sumber air. Kondisi wilayah yang menanjak terjal dan perbukitan tidak menyurutkan langkah mereka.

Sebagai penutup kegiatan survei dan wawancara di lokasi titik sumber air yang telah berhasil ditemukan, Subur Rojinawi menegaskan “Human Initiative bersama mitranya insya Allah akan membangun pipanisasi air bersih untuk Kampung Muhara, Desa Ciladaeun ini.”

Human Initiative terus berupaya melakukan respon terhadap warga terdampak banjir bandang dan longsor, dengan mengajak partisipasi masyarakat melalui website solusipeduli.org atau call center 021-87780015. (Jak)