Bertolak ke Banjarbaru, Presiden Akan Resmikan TPA Sampah Regional Banjarbakula

• Friday, 7 Feb 2020 - 19:35 WIB
Foto: Biro Pers Setpres

BANJARBARU - Presiden Joko Widodo bertolak menuju Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, dalam rangka kunjungan kerja. Bersama dengan rombongan terbatas, Presiden lepas landas dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Jumat, 7 Februari 2020, sekira pukul 13.50 WIB.

Setibanya di Kota Banjarbaru, Kepala Negara diagendakan untuk meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Banjarbakula yang berlokasi di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru.

TPA tersebut dibangun sebagai sistem sanitasi perkotaan yang sangat dibutuhkan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. Mengutip siaran pers Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tanggal 26 Juni 2019, TPA Sampah Regional Banjarbakula mampu menampung 790 ton sampah per hari yang dihasilkan oleh kurang lebih 475.000 jiwa di lima kabupaten/kota di kawasan metropolitan Banjarbakula.

Selepas meresmikan dan melakukan peninjauan terhadap TPA tersebut, Presiden Joko Widodo juga akan melakukan penanaman pohon di lokasi TPA sebelum bermalam untuk melanjutkan agenda kunjungan kerja pada esok hari.

Mendampingi Presiden dalam keberangkatan menuju Kota Banjarbaru di antaranya ialah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto. (ANP)