Listriki Triangle Diamond, PLN Dukung Pengembangan Pariwisata Banyuwangi 

• Thursday, 20 Feb 2020 - 09:05 WIB

Banyuwangi - PLN UP3 Banyuwangi meresmikan jaringan listrik Triangle Diamond Pariwisata Banyuwangi yakni Alas Purwo & Desa Sukamade, Rabu (19/02). Peresmian ini menjadi langkah lanjutan setelah sebelumnya, jaringan listrik diresmikan di Kawasan Gunung Ijen. Triangle diamond atau segitiga berlian Banyuwangi merupakan andalan pariwisata Kabupaten Banyuwangi yang menawarkan pesona alam luar biasa.

Masuknya jaringan listrik ke wilayah Triangle Diamond ini menjadi salah satu wujud dukungan PLN terhadap perkembangan dan pertumbuhan pariwisata di Banyuwangi. Menunjang kebutuhan infrastruktur dasar dan tentunya mendorong perekenomian masyarakat khususnya di sektor pariwisata. “PLN siap mendukung dalam pembangunan investasi dan infrastruktur Kabupaten Banyuwangi dari segi kelistrikan. Pertumbuhan kelistrikan di Banyuwangi termasuk yang tertinggi di Jawa Timur dibandingkan dengan Kota/ Kabupaten lainnya yaitu sebesar 12%. Adanya pertumbuhan & perkembangan bisnis hotel dan cold storage di Banyuwangi menjadi salah satu faktor yang mendongkrak pertumbuhan kelistrikan di Banyuwangi. Hal ini tentunya menjadi perhatian bagi PLN terhadap pemenuhan kebutuhan listriknya”, ungkap Bob Saril.

Bob Saril juga menyampaikan bahwa panjang jaringan listrik yang dibangun di Alas Purwo sepanjang 21.288 Meter Sirkuit, sementara di Desa Sukamade mencapai 12.247 Meter Sirkuit. Jaringan tersebut dibangun untuk memenuhi kebutuhan listrik sekitar kurang lebih 300 Kepala Keluarga yang bermukim disana. Selain itu, PLN juga memasang SPLU (Stasiun Penyedia Listrik Umum) yang terletak di Resort Pancur, sebagai sarana fasilitas umum di daerah wisata itu.

“Terimakasih kepada PLN yang telah membangun jaringan listrik di tiga titik destinasi wisata prioritas yang ada di Banyuwangi. Dengan terlistrikinya Triangle Diamond Banyuwangi ini, mewujudkan konsep dasar dari pengembangan pariwisata di Banyuwangi, "ucap Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya.

Penyaluran bantuan & santunan dari YBM PLN kepada dhuafa & anak yatim yang diberikan langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan GM PLN UID Jawa Timur Bob Saril setibanya di lokasi peresmian menjadi bentuk syukur atas tersambungnya aliran listrik ke lokasi andalan pariwisata ini. (Hermawan)