DPRD DKI Minta Anies Gandeng Provider Internet Sediakan Wifi Gratis Untuk Warga Miskin

FAZ • Friday, 31 Jul 2020 - 01:45 WIB

Jakarta - Anggota Komisi A DRPD DKI Jakarta, Lukmanul Hakim, meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menggandeng penyedia jasa layanan telekomunikasi (provider).

Menurutnya, kenyataan ini sangat miris lantaran masih banyak permukiman kumuh di kota sebesar Jakarta.

Terlebih, warga yang tinggal di dalamnya kesulitan akses internet untuk anaknya sekolah di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Ini menjadi persoalan baru, karena sekarang masyarakat itu susah ekonominya. Tetapi, ada tuntutan daring sekolah anaknya dan harus beli paket setiap hari," ucapnya, Kamis (30/7/2020).

"Jadi, orang itu enggak mikir lagi sakitnya, tapi mikir bagaimama mendapatkan rezeki untuk kebutuhan sehari-hari yang menjadi problem," ujarnya.

Untuk itu, ia meminta Anies menggandeng penyedia jasa atau provider internet untuk menyediakan wifi gratis bagi mereka.

Wifi gratis itu nantinya bisa disediakan bagi warga di pos RW setempat ataupun di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA).

"Ini harus dipikirkan Pemprov DKI, wifi gratis untuk orang-orang miskin dan tidak mampu untuk anak mereka belajar," ujarnya.

Anggota DPRD DKI Jakarta ini mengatakan, hari ini seharusnya ada rapat kerja Komisi A bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) DKI Jakarta.

Namun, rapat itu sendiri batal lantaran gedung DPRD DKI ditutup selama lima hari, mulai 29 Juli hingga 2 Agustus 2020 akibat adanya anggota dewan yang terpapar Covid-19.

"Saya punya rencana untuk mengungkapkan soal wifi gratis ini di rapat, tapi batal karena ada penutupan kantor," kata Bung Hakim, sapaan akrabnya.

"Saya di Komisi A akan fokus untuk memperjuangan bagaimana wifi di masyarakat bisa gratis," sambungnya.